ajaib'

Cerdik Kelola Uang Ala Orang Cina: Berpikir Jangka Panjang

Supaya punya tabungan dan finansial terjamin di masa depan, kamu harus cerdik mengelola uang. Bila perlu tiru cara orang Cina dalam mengelola uangnya.

Pernah nggak merasa pusing ketika uang gaji yang kamu terima raib dengan cepat, padahal baru saja gajian beberapa hari yang lalu dan bahkan kamu belum sempat menambah saldo tabunganmu. Kondisi seperti ini lumrah terjadi dan sering dirasakan banyak orang terutama masa sekarang saat di mana apa-apa semuanya mahal.

Tabungan

Bagaimana cara mengatasi hal ini? Kamu mungkin perlu belajar dan meniru prinsip-prinsip orang Cina khususnya dalam hal kecerdikan mereka dalam mengelola uang. Seperti apakah prinsip tersebut, simak ini hingga akhir ya.

Cerdik Kelola Uang Ala Orang Cina: Berpikir Jangka Panjang

Kamu pasti sudah tahu, kalau orang Cina terkenal dengan kegigihan dan keuletan mereka dalam membangun kekayaan. Salah satu kunci utama mereka adalah kecerdasan dalam mengelola keuangan. Bagi mereka, mengelola uang bukan hanya tentang memenuhi kebutuhan saat ini, tetapi juga berpikir jangka panjang untuk masa depan. 

Nah, berikut beberapa prinsip ala orang Cina yang bisa kamu terapkan untuk menjadi lebih cerdas dalam mengelola keuangan:

1. Hidup Secara Sederhana

Hidup secara sederhana merupakan salah satu pilar utama dalam filosofi pengelolaan keuangan ala orang Cina. Mereka menghargai kebutuhan akan kesederhanaan sebagai cara untuk menghindari pemborosan yang tidak perlu. Dalam praktiknya, hal ini tercermin pada gaya hidup yang hemat dan efisien, di mana mereka cenderung untuk fokus pada kebutuhan dasar dan menghindari pembelian yang berlebihan atau mewah. 

Misalnya, mereka mungkin memilih untuk memasak di rumah daripada makan di luar, membuat daftar belanjaan yang terperinci untuk menghindari impulsif belanja, atau memperbaiki barang yang rusak daripada langsung membeli yang baru. Dengan membatasi pengeluaran pada hal-hal yang benar-benar penting, mereka dapat mengalokasikan lebih banyak uang untuk kebutuhan yang lebih esensial seperti pendidikan, tabungan, atau investasi jangka panjang.

2. Berani Membayar Mahal untuk Kualitas Terjamin

Filosofi pengelolaan uang ala orang Cina berikutnya adalah keberanian untuk membayar mahal demi kualitas terjamin. Mereka memahami bahwa harga yang lebih tinggi sering kali sebanding dengan kualitas yang lebih baik, yang pada akhirnya dapat menghemat uang dan waktu dalam jangka panjang. 

Dalam memilih produk atau layanan, mereka cenderung mempertimbangkan nilai jangka panjang daripada sekadar harga saat ini. Contohnya, mereka barangkali lebih memilih untuk menginvestasikan dalam produk-produk elektronik berkualitas tinggi yang lebih tahan lama daripada membeli yang murah tetapi rentan rusak. Ini mencerminkan pandangan bahwa kepuasan jangka panjang yang didapat dari barang berkualitas baik dapat melebihi manfaat sementara yang diberikan oleh barang murah.

3. Disiplin dalam Menabung

Poin nomor tiga dalam pendekatan pengelolaan uang ala orang Cina adalah disiplin dalam menabung. Mereka memahami pentingnya memiliki dana darurat dan tabungan untuk keperluan masa depan. Oleh karena itu, mereka menetapkan kebiasaan menabung secara teratur meskipun jumlahnya kecil, untuk membangun cadangan finansial yang kuat. 

Tabungan

Disiplin ini tercermin dalam kesadaran akan pentingnya merencanakan masa depan secara finansial. Dengan mencontoh poin ini kamu bisa mempersiapkan diri untuk kemungkinan kebutuhan mendesak atau perubahan yang tak terduga dalam kehidupan.

Selain itu, disiplin dalam menabung juga mencerminkan sikap bertanggung jawab terhadap keuangan pribadi. Orang Cina percaya bahwa dengan menabung secara konsisten, mereka dapat menciptakan stabilitas finansial dan mengurangi risiko ketika menghadapi situasi sulit. 

4. Menginvestasikan Pendapatan

Orang China cenderung menyisihkan 50% dari pendapatannya untuk digunakan di masa mendatang, seperti untuk keperluan seperti membeli rumah, membiayai pendidikan anak, atau layanan medis.

5. Tahu Mana Kebutuhan dan Keinginan

Terkadang, kita sering membeli barang tanpa mempertimbangkan apakah itu merupakan kebutuhan atau hanya keinginan. Bahkan, terkadang kita cenderung merumuskan alasan sendiri agar keinginan tersebut terlihat sebagai kebutuhan. Ironis, bukan?

Meskipun membeli barang yang diinginkan tidak masalah, namun sebaiknya kita melakukan evaluasi ulang untuk memastikan apakah barang tersebut benar-benar penting dan diperlukan saat ini. Penting juga untuk meninjau kondisi keuangan dan tujuan finansial kita. Hal ini dilakukan agar tidak terjebak dalam keputusan yang salah, di mana kebahagiaan awal bisa berujung pada kesulitan di masa mendatang.

Semua prinsip mengelola uang dengan cerdik ala orang Cina ini patut untuk kamu tiru jika ingin keuangan di masa depanmu terjamin. Untuk menyelaraskan prinsip ini dengan tujuanmu di masa depan kamu bisa memanfaatkan digibank by DBS yang menawarkan bunga tabungan tinggi.

Bunga tinggi ini bisa kamu dapatkan dari Tabungan Maxi. Dalam tabungan ini tersedia pula 20 Dompet Maxi yang bisa kamu manfaatkan dan beri nama sesuai keinginan. Dengan begitu kamu bisa kelola tabungan dan pos keuangan lebih teratur, rapi dan tak bercampur aduk. Menariknya lagi, menabung di digibank by DBS sangatlah fleksibel. Kamu bisa tarik dana kapan saja tanpa dikenakan biaya. 

Yuk segera download Aplikasi digibank dan buka tabunganmu, untuk informasi lengkap kami bisa cek di website digibank by DBS!

© Sepenuhnya. All rights reserved.