10 Faktor agar Interior Klinik Gigi Estetik dan Fungsional

Ingin memiliki desain klinik gigi estetik dan fungsional? Mari ikuti informasi berikut!

Klinik gigi atau dental clinic biasanya menjadi suatu momok menyeramkan, terutama bagi pasien yang tengah berkunjung dan menjalani prosedur medis. Jika ditelisik, rasa seram tersebut disebabkan oleh interior ruangan yang tidak berfokus pada pengguna atau human-centric.

Klinik Gigi

Apabila Anda adalah pemilik dental clinic dan menemukan bahwa ruangan interior di sana kurang memberi rasa nyaman, maka kini adalah saat yang tepat untuk melakukan perombakan agar klinik bisa estetik sekaligus fungsional. Tapi sebelum mengeksekusinya, pelajari terlebih dahulu faktor-faktor yang mempengaruhi kedua aspek tersebut!

Ini 10 Faktor agar Interior Klinik Gigi Estetik dan Fungsional

Memiliki interior dental clinic yang estetik dan fungsional menjadi tantangan tersendiri ketika mendesain. Namun, hal ini bisa dilakukan dengan memperhatikan beberapa faktor berikut. Mari ketahui dan terapkan pada klinik Anda!

1. Tema Klinik Sesuai Identitas

Estetika klinik dapat diperkuat dengan menonjolkan identitas. Aspek identitas bisa berupa branding yang meliputi logo, palet warna utama, bahkan tagline. Menonjolkan identitas pada interior mampu membuat pasien mengingat klinik Anda. 

2. Pencahayaan Klinik yang Lembut

Pencahayaan berperan penting untuk menciptakan atmosfer ruangan yang nyaman. Lighting yang lembut dan warm bisa mengurangi ketegangan yang dirasakan pasien. Selain itu, pengaturan intensitas cahaya juga harus tepat agar tidak terlalu terang atau redup.

Instalasi pencahayaan harus dilakukan dengan baik. Jadi, Anda sebaiknya memastikan tidak ada bayangan yang timbul dan mengganggu proses pemeriksaan. Selain itu, Anda juga bisa menambahkan lampu dekoratif pada ruang tanpa mengesampingkan fungsionalitas.

3. Furniture dengan Nilai Ergonomis

Ergonomi sangat penting pada klinik gigi. Berbagai furniture seperti meja, kursi, dan peralatan medis lainnya harus sesuai standar ukuran yang berlaku. Furniture yang sesuai dengan ergonomi bisa mencegah dokter dan staff klinik dari masalah kesehatan ketika bekerja seperti kelelahan, sakit pinggang, dan sebagainya.

4. Sarana Pendukung di Ruang Tunggu

Sarana pendukung meningkatkan fungsionalitas klinik yang Anda miliki. Fasilitas ini meliputi kursi tunggu yang nyaman, akses wifi, hingga perabotan penunjang yang berkualitas. 

Sarana pendukung yang terpenuhi dengan baik juga bisa meminimalkan kecemasan pasien atau pengunjung. Hal ini bisa memberikan pengalaman positif bagi pasien dan tim medis.

5. Wewangian dan Musik agar Berkesan

Wewangian dan musik bisa menjadi opsi tepat untuk menghadirkan interior klinik yang estetik dan nyaman. Bau harum dari wewangian berperan penting dalam meningkatkan mood dan energi ruang.

Interior Klinik Gigi Estetik

Selain itu, alunan musik yang menenangkan membuat atmosfer ruang lebih nyaman. Dua hal ini bisa menjadi paduan yang tepat dalam ruang klinik yang memperhatikan kebutuhan pengguna.

6. Tumbuhan yang Menenangkan

Tanaman indoor tidak hanya meningkatkan estetika, tetapi juga nuansa ketenangan pada ruang. Berbagai tanaman indoor dengan perawatan mudah seperti jade plant, aglaonema, hingga sansevieria bisa meningkatkan kesegaran pada ruang.

Penempatan tanaman indoor ini juga harus strategis, seperti pada resepsionis maupun ruang tunggu. Hal ini bisa menciptakan keseimbangan pada interior.

7. Rak untuk Peralatan

Aspek fungsional tidak hanya berfokus pada pasien, tetapi juga tim medis. Hal ini bisa dilakukan dengan pemilihan rak yang tepat untuk peralatan. 

Untuk mendapatkan rak yang cocok dengan ukuran ruangan dan tema interior klinik, maka Anda sebaiknya melakukan pemesanan custom pada pengrajin furniture tepercaya.

8. Area Bermain Anak

Baik dental clinic dewasa ataupun anak, ruang bermain sangat penting untuk dihadirkan. Hal ini dikarenakan oleh kehadiran pasien tertentu yang cenderung membawa buah hati ketika berkunjung ke klinik. 

Mengetahui hal tersebut, klinik dapat memberikan fasilitas ruang bermain yang bisa menghibur dan membuat fokus anak lebih teralihkan.

Sebagai saran, keberadaan ruang bermain juga bisa didesain sebagai sarana edukasi. Anda dapat meletakkan lembar aktivitas dan informasi pentingnya menjaga gigi, permainan puzzle, dan berbagai permainan edukatif lainnya.

9. Ruang Khusus Staff

Ruang staff menjadi elemen penting pada klinik dan mendukung produktivitas kerja. Perlu Anda tahu, ruang staff memerlukan fasilitas lengkap meliputi loker, meja dan kursi memadai, hingga pantry yang lengkap.

Kenyamanan staff menjadi salah satu prioritas yang berperan untuk meningkatkan kualitas klinik. Staff yang dapat bekerja dengan nyaman membuat pelayanan semakin meningkat.

10. Pilih Motif Keramik yang Sesuai dengan Konsep Klinik

Terakhir, estetika dan fungsionalitas klinik dapat ditingkatkan dengan pemilihan keramik yang tepat. Anda bisa menyesuaikan motif dengan konsep interior. Sebagai contoh, keramik yang berwarna cerah cocok untuk interior minimalis karena memberi kesan ruang yang luas dan bersih.

Pemasangan material lantai ini bisa didukung dengan perekat keramik seperti produk SikaCeram®-200 TA TileFix. Perekat yang berkualitas mendukung keawetan dan estetika lantai klinik Anda.

Berdasarkan penjelasan di atas, dapat diketahui bahwa klinik yang estetik dan fungsional bisa didesain dengan langkah tepat. Mulai dari memperkuat branding, mengatur pencahayaan yang baik, hingga memilih keramik lantai yang sesuai. Dengan interior klinik yang didesain secara tepat, maka pasien bisa mendapatkan rasa nyaman.

Untuk memaksimalkan estetika klinik, produk tile adhesive dari Sika dapat menjadi pilihan tepat. Adapun salah satu rekomendasi produk untuk keramik interior klinik Anda yaitu SikaCeram®-200 TA TileFix. Ini adalah produk berkualitas yang tidak membuat Anda cemas, karena harga perekat keramik Sika terjangkau!

Tidak hanya terjangkau, SikaCeram®-200 TA TileFix juga memiliki sejumlah keunggulan. Mulai dari daya lekat yang sangat baik, dapat diaplikasikan pada area yang terendam air, cocok untuk keramik berukuran besar, hingga dapat diaplikasikan tile on tile serta mudah digunakan hanya dengan menambahkan air. 

Tidak perlu ragu untuk menggunakan produk Sika, karena merek satu ini merupakan pencetus waterproofing semen pertama di Indonesia. Tidak hanya itu, Sika sudah berpengalaman selama 113 tahun dalam menangani beragam proyek global dan nasional. Adapun salah satu contohnya yakni terowongan bawah tanah di London.

Jadi, tunggu apa lagi? Mari gunakan produk tile adhesive Sika untuk mendukung desain klinik gigi yang estetik dan fungsional! Anda bisa mengakses informasi produk perekat keramik lebih lengkap di sini!

© Sepenuhnya. All rights reserved.