Stop Traveling tanpa Persiapan: Ikuti Tips Berikut Supaya Traveling Kamu Lebih Sempurna

Banyak orang pergi traveling secara spontan dan tanpa persiapan hanya membawa niat saja. Namun ternyata hal tersebut kurang efektif bagi ...

Pada hari yang sangat sibuk ada saatnya kita sebagai manusia merasa lelah dan bahkan sempat depresi. Terutama bagi para pekerja, mahasiswa, ibu rumah tangga, dan lain sebagainya. Traveling sangat dibutuhkan untuk mengobati rasa lelah atau bahkan hanya sekadar menghindar sesaat dari kesibukan.

Traveling sendiri itu ada banyak macam, tergantung pada apa yang kita inginkan, mulai dari pergi camping ke gunung, main ke pantai, atau bahkan pergi keluar kota untuk mencoba beberapa tempat wisata dan makanan ikoniknya.

Stop Traveling tanpa Persiapan

Banyak orang pergi traveling secara spontan dan tanpa persiapan hanya membawa niat saja. Namun ternyata hal tersebut kurang efektif bagi saya, karena terkadang saat kita sampai lokasi tujuan malah bingung karena tidak tahu apa yang harus kita lakukan terlebih dahulu di tempat tersebut. Sering kali kita juga bingung ingin pergi ke mana lagi setelahnya, bahkan terkadang kita kehabisan uang atau pakaian ganti sebelum mencapai target wisata yang kita inginkan. Oleh karena itu perlu yang namanya prepare atau menyiapkan hal yang diperlukan saat traveling supaya lebih tenang dan traveling kita menjadi lebih sempurna karena sudah memiliki kesiapan. Berikut ada beberapa tips yang perlu Anda coba!

1. Tentukan Tujuan Destinasi Liburan

Sebelum bepergian pastinya kita harus tahu ingin pergi ke mana, kita bisa manfaatkan Google untuk mencari referensi tempat wisata yang paling menarik dan ingin kita kunjungi, serta kita bisa memanfaatkan Google Maps untuk petunjuk arah supaya tidak tersesat. Namun, beberapa tempat destinasi khususnya di gunung terkadang tidak memiliki sinyal, maka dari itu penting untuk mendownload rute pada Google Maps saat sedang di rumah supaya bisa digunakan secara offline.

2. Membuat Rundown Perjalanan

Kita bisa mengurutkan beberapa tempat yang akan kita tuju dan apa yang akan kita lakukan dengan cara menulis rundown. Kita dapat mengetahui jarak antar tempat tujuan dengan memanfaatkan Google Maps, misal jarak dari pantai ke gunung sekitar 10 menit kita dapat menambahkan 5 sampai 10 menit untuk mengantisipasi adanya halangan di perjalanan sehingga menjadi 15 sampai 20 menit. Sehingga kita dapat memanajemeni waktu liburan dengan baik.

3. Menyiapkan Budget Lebih 

Sebelumnya kita bisa mencari tahu terlebih dahulu biaya-biaya yang akan kita keluarkan untuk membayar tiket wisata tersebut melalui internet. Sisihkan juga untuk biaya makan, penginapan, transportasi atau bensin, dan lebih baik membawa uang lebih untuk berjaga-jaga ketika menginginkan sesuatu atau untuk hal tak terduga.

4. Meminimalkan Barang Bawaan

Sebisa mungkin bawalah barang yang diperlukan dan pasti terpakai saja. Karena jika kita terlalu banyak bawaan justru akan memberatkan diri sendiri dan pastinya membuat kita kelelahan.

Nah, itulah tadi beberapa tips dari pengalaman traveling saya yang bisa saya bagikan kepada Anda para pemburu hari libur. Semoga tips ini bisa berguna dan selamat berlibur.

Chandy Satrio Sudirman
Biodata Penulis:

Chandy Satrio Sudirman lahir pada tanggal 8 Agustus 2005 di Semuli Raya. Saat ini ia aktif sebagai mahasiswa di Universitas Sebelas Maret Surakarta.

© Sepenuhnya. All rights reserved.