loading...
Wajam adalah browser plug-in yang membajak browser untuk menanamkan iklan yang tidak diinginkan di browser pencarian Google. Wajam melekat pada laptop atau Komputer seseorang biasanya karena kesalahan dalam menginstall aplikasi baru (dengan atau tanpa diketahui oleh pengguna). Cara agar terhindar dari Plug-in Wajan sebenarnya sangat gampang, yaitu berhati-hatilah dalam menginstall aplikasi baru.

Berhati-hati dalam menginstall aplikasi juga berguna untuk banyak hal, karena sudah terlalu banyak plug-in yang sekarang ini ditanam di dalam aplikasi-aplikasi tertentu untuk mencari peminat. Karena permasalahan serangan secara diam-diam itulah, bahkan Antivirus Baidu sudah menyiapkan tool khusus untuk mencegah dan menghadapi plug-in tersebut.

Bagaimana Cara menghapus Wajam?
  • Buka Control Panel di laptop anda (cara mudah: tekan tombol Window+R, kemudian Enter, dan lanjutkan ketik "appwiz.cpl" di Run dan lanjutkan dengan menekan Enter.
"Apa Itu Wajam?"
  • Kemudian di Control Panel pilih aplikasi Wajan (klik dua kali), kemudian lanjutkan untuk Uninstall seperti biasa.
"Apa Itu Wajam?"
  • Selesai.
Apa itu sudah Cukup?
Untuk Beberapa percobaan sebenarnya sudah cukup, namun ada beberapa permasalahan yang membutuhkan lebih dari sekedar Uninstall di Control panel.

Jika laptop anda masih dihuni oleh Wajam, lanjutkan dengan menguninstall ekstensi Wajan tersebut di browser yang anda gunakan. Mohon maaf saya hanya akan menjelaskan caranya untuk browser Chrome saja, jadi untuk yang menggunakan browser lain silahkan sesuaikan.

Cara Menghapus Ekstensi?
  • Buka browser anda kemudian pada bagian kanan atas Chrome di bawah tombol Close, pilih Setelan.
"Apa Itu Wajam?"
  • Kemudian pilih Ekstensi.
    "Apa Itu Wajam?"
  • Lalu carilah ekstensi Wajam tersebut dan hapus dari Browser anda.
  • Selesai.

Post a Comment

loading...
 
Top