loading...

6 Langkah Dalam Menulis Artikel

Langkah-Langkah Dalam Menulis Artikel adalah hal yang mudah, tentu saja jika kita menikmatinya. Tidak dituntut pengetahuan tinggi, hanya dibutuhkan perasaan dan sedikit imajinasi. Kali ini saya membahas beberapa hal yang menurut saya perlu anda perhatikan jika ingin menulis sebuah artikel.

"6 Langkah Dalam Menulis Artikel"


#1. Menentukan Tema (Judul)
Menentukan tema adalah hal pertama yang harus anda lakukan, karena dengan menentukan tema kita sudah mulai bisa memperkirakan bagaimana isi dari artikel tersebut. Sebenarnya cara ini sangat cocok untuk para blogger yang sudah mentok tidak tau lagi ingin menulis apa.

Saran saya, sering-sering browsing di internet, karena dengan browsing akan banyak judul yang bisa anda kumpulkan. Sebenarnya langkah ini terlalu pasif untuk menjadi pedoman, namun untuk menjadi bahan renungan dalam menulis, saya rasa anda pantas memperhatikannya. Karena biasanya jika seorang penulis tidak mempersiapkan judul terlebih dulu, dia tidak akan tau apa yang ingin dia tulis. Dan biasanya juga, itulah yang membuat banyak orang merasa malas menulis. Alasan mudahnya, "mau tulis apa?".

#2. Membuat Kerangka Isi Artikel
Jika judul sudah siap, tentunya anda harus memprediksi lebih dalam tentang isi dari judul tersebut. langkah yang harus anda lakukan, misalnya menyiapkan kerangka pertama (paragraf pertama) menjadi bagian dari "pengertian" untuk sebuah judul. Kemudian kerangka kedua (paragraf kedua) menjadi bagian ajang penjelasan pengalaman anda tentang judul. Kemudian langkah selanjutnya anda bisa melanjutkan dengan beberapa hal lain, sampai dengan penutup. Saya yakin anda semua lebih tau cara prakteknya.

#3. Kumpulkan Informasi Mengenai apa yang akan anda tulis.
Setelah menyiapkan kerangka, maka cari tahulah lebih dalam tentang apa yang ingin anda isi dalam kerangka tersebut. Pada dasarnya, bagian mengumpulkan informasi ini hanya jika kita menulis artikel yang panjang lebar, namun untuk artikel yang pendek rasanya anda tidak perlu mencari informasi terlalu dalam. Anda hanya perlu menyiapkan waktu dan sedikit imajinasi anda. Dan tetap anda harus punya sedikit pengetahuan tentang apa yang ingin anda tulis.

#4. Siap-Siap Menulis
Jika semua data mentah sudah anda kumpulkan maka sekarang baru tiba saatnya anda menuliskan itu menjadi kalimat yang tersusun. Tulislah sebanyaknya, jangan pikirkan baik tidaknya apa yang anda tulis, tapi lanjutkan saja berdasarkan imajinasi anda.

#5. Edit
Nah, jika sudah menulis sekian banyak kalimat, sekarang saat puncak dimana para penulis menggunakan sedikit kelihaian dalam hal mengedit suatu tulisan mentah menjadi tulisan yang pantas dibaca. Pergunakan tahap ini sebaik-baiknya, untuk merubah tulisan yang anda tulis dan juga untuk memperbaiki paragraf yang mungkin tidak sesuai, dan tanda baca yang salah. Dan tentunya pada bagian pengeditan, anda juga bisa merubah kalimat yang anda rasa tidak begitu penting atau mungkin menghapusnya.

#6 Publish
Jika semua step di atas sudah anda lakukan, barulah sebuah tulisan tersebut anda bagikan. Dan ya, sekarang mulailah mencari judul baru.



Begitulah kira-kira yang saya lakukan ketika hendak menyiapkan sebuah artikel. Tentunya anda sekalian tidak harus melakukan sesuatu yang sama persis seperti yang saya lakukan. Karena setiap orang pasti punya gayanya masing-masing. Jadi, intinya di sini adalah, menulislah dengan cara apapun, asalkan anda nyaman! Dan menurut saya (lagi), bagaimana pun langkah yang anda lakukan ketika menulis artikel, tetap saja anda harus memperhatikan bagian EDIT, karena di sanalah titik penting yang ingin saya sampaikan.
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

23 comments

loading...
loading...