Sekarang ini, dunia blogging semakin hari semakin mengalami kemajuan. Kemajuan yang sangat pesat. Banyak alasan mengapa orang-orang memilih dunia ini. Iming-iming mendapat penghasilan dengan cara yang mudah adalah alasan yang sering menjadi pembicaraan akhir-akhir ini.

Selain untuk mendapatkan penghasilan, sebenarnya masih banyak juga orang-orang yang mempunyai alasan yang lebih membanggakan, semisal ingin menuliskan sesuatu yang bermanfaat, atau membagikan sesuatu agar orang-orang bisa belajar dari apa yang dia bagikan, dan segala macam alasan lainnya. Apapun alasannya, itu tidak akan terlalu penting pada akhirnya (selama tidak menyimpang dari hukum dan norma yang berlaku).

Saya akan memulai pembahasan ini dengan Cara Membuat Blog. Dalam hal ini, saya akan menyarankan 2 platform, yaitu Blogger dan Wordpress. Perlu saya ingatkan, ini tidak berarti bahwa hanya ada 2 platform saja yang menyediakan layanan untuk aktivitas blogging (saya tidak menyarankan platform lain, karena saya tidak benar-benar pernah mencobanya).


Cara Membuat Blog di Blogger
Untuk membuat blog di Blogger, teman-teman harus memiliki akun gmail (cara membuat akun gmail). Silahkan masuk ke akun gmail.com anda terlebih dahulu, kemudian buka halaman blogger.com. Selanjutnya, ikuti tahapan berikut ini:

1. Di halaman pertama Blogger, silahkan klik CREATE NEW BLOG.

"Cara Membuat Blog Gratis di Blogger"

2. Kemudian silahkan isi Tittle (Nama Blog) dan URL (Alamat Blog).

"Cara Membuat Blog Gratis di Blogger"
Sorry, this blog address is not available
"Cara Membuat Blog Gratis di Blogger"
This blog address is available

Jika teman-teman menjumpai tulisan "Sorry, this blog address is not available", itu artinya alamat blog tidak bisa didaftarkan. Jika teman-teman menjumpai tulisan "This blog address is available", itu artinya alamat blog bisa didaftarkan.

3. Selanjutnya, silahkan klik CREATE BLOG. Jika sudah, maka teman-teman akan melihat halaman seperti yang terlihat seperti di gambar di bawah ini.


"Cara Membuat Blog Gratis di Blogger"

4. Selamat, sekarang teman-teman sudah memiliki blog di Blogger.


Cara Membuat Blog di WordPress
Untuk cara membuat blog profesional di WordPress, teman-teman bisa membuka halaman: belajar membuat blog dengan Hostinger. Di sana penjelasannya sangat lengkap dan mudah untuk dimengerti. Ini akan menghemat waktu kita agar bisa melanjutkan ke pembahasan selanjutnya.


Cara Menghasilkan Uang di Blog
Sekarang kita akan membahas tentang cara menghasilkan uang di blog. Benar, menghasilkan uang di dunia blogging bukanlah omong kosong, itu nyata. Saya sudah membuktikan itu dengan beberapa cara. Saya akan menceritakan sedikit kepada teman-teman sekalian.

1. Memasang Iklan di Blog
Dalam hal ini, saya menggunakan Layanan Google Adsense dan Adnow (memasang script iklan mereka di blog saya). Masih belum menjanjikan (belum bisa PO setiap bulan) memang, tapi setidaknya, saya mendapatkan uang setiap 2 atau 3 bulan sekali dari kedua situs tersebut.

Saya juga sering memasang (banner) iklan milik orang lain di blog saya. Iklan terakhir yang pernah saya pasang adalah iklan pakaian (jika teman-teman pernah menyinggahi blog ini beberapa waktu lalu, teman-teman pasti pernah melihatnya di sisi kanan blog).

2. Content Placement
Content Placement juga sering disebut Artikel Placement. Intinya, saya sering dihubungi oleh blogger lain untuk memposting tulisan yang sudah mereka tulis di blog saya (tulisan tersebut bisa berisi backlink, bisa juga berisi review sebuah produk). Harga untuk 1 postingan adalah sekitar Rp. 150.000 (harga tersebut bisa saja lebih mahal atau lebih murah).

Saya tidak terlalu aktif di Sosial Media. Jadi saya tidak terlalu sering mendapat tawaran Artikel Placement (terkadang saya bisa mendapat sampai 10 postingan per bulan, terkadang bahkan tidak ada sama sekali).

3. Job Review
Job Review hampir sama saja dengan Content Placement, hanya saja kalau Job Review kita harus menulis sendiri tulisan tersebut. Dalam istilah lain, teman-teman mereview sebuah produk/sesuatu, kemudian dibayar dengan harga tertentu. Harga untuk 1 postingan adalah sekitar Rp. 250.000 (harga tersebut bisa saja lebih mahal atau lebih murah).

Saya jarang menerima tawaran Job Review, karena saya tidak terlalu pandai menuliskan sesuatu dalam waktu yang singkat. Terlebih, gangguan kesibukan juga terkadang menjadi kendala tersendiri.

4. Dan beberapa cara lain
Ada banyak cara lain untuk mendapatkan uang dari blog. Beberapa cara ini saya lihat dari teman-teman saya. Pernah mencobanya, tapi memutuskan berhenti. Cara yang saya maksudkan adalah Marketing Afiliasi (mengiklankan atau menjual produk milik orang lain), Produk Digital (membuat dan menjual ebook, aplikasi, kursus, plugin, dan lain sebagainya), Menyediakan Jasa (konsultasi, pelatihan, pengembangan, desain, penulisan, dan lain sebagainya).
  • Untuk berhasil dengan Marketing Afiliasi, sebuah blog harus mempunyai pengunjung/pembaca yang banyak. Tentu saja ini masih menjadi kendala untuk blog saya ini.
  • Untuk berhasil dengan Produk Digital, tentu saja harus memiliki produk yang bisa dijual. Saya tidak punya produk, jadi saya hanya bisa melihat teman-teman saya menghasilkan uang dengan cara ini.
  • Untuk berhasil dengan Menyediakan Jasa, tentu saja harus memiliki jasa yang bisa ditawarkan. Dan untuk sekali lagi, saya tidak merasa cocok dengan hal ini. Namun sebagai motivasi, saya akan mengatakan kepada anda, bahwa kebanyakan teman saya, mereka berhasil mempunyai penghasilan tetap dengan cara ini.

Tulisan ini sampai di akhir pembahasan. Terimakasih sudah memilih membaca di blog ini dan selamat mempraktekkan!

Post a Comment

loading...
 
Top