loading...

Perkembangan konsep augmented reality yang semakin pesat memang telah berhasil menjadikan banyak developer saling berlomba-lomba menghadirkan aplikasi yang terbaik dengan memanfaatkan. Teknologi augmented reality atau yang dikenal dengan singkatan AR adalah sebuah teknologi dengan gabungan benda maya serta lingkungan sekitar yang nyata.

"Aplikasi Augmented Reality Terbaik"

Bukan sama dengan realitas dari dunia maya sepenuhnya, namun teknologi AR hanya menambahkannya untuk melengkapi kenyataan. Langkah ini memang menjadi terobosan bidang teknologi yang cukup canggih sebab Anda bisa membuat semuanya hal yang diinginkan menjadi terlihat begitu nyata hanya dengan bantuan aplikasi augmented reality.

Berbeda dengan teknologi Virtual Reality atau VR, yang mana aplikasinya membutuhkan perangkat keras khusus. Aplikasi dengan basis augmented reality disajikan lebih sederhana tanpa adanya perangkat tambahan. Berikut ini adalah beberapa aplikasi yang bisa Anda coba!

1. Layar
Layar adalah aplikasi dengan basis augmented reality yang berhasil menjembatani antara dunia nyata dengan digital. Melalui aplikasi ini Anda bisa lebih mudah ketika mencari konten pada media yang berada di sekeliling Anda seperti, majalah, koran dan juga poster. Anda pun hanya perlu mengarahkan kamera dari ponsel ke objek benda sehingga nantinya akan mulai muncul konten hidup dengan informasi yang lebih spesifik.

Sama halnya dengan katalog belanja, poster film yang lengkap dengan trailer-nya aplikasi augmented reality ini mampu pun menampilkan informasi mengenai kapan jam tayangnya. Aplikasi ini juga bisa membantu Anda menemukan berbagai macam tempat penting misalkan saja ATM, restoran dan beberapa lokasi yang bersejarah.

2. Star Walk
Bagaimana rasanya bisa menggapai bintang yang berada jauh di luar angkasa sana hanya dengan modal ponsel saja? Tentunya sangat menyenangkan bukan? Ya sama Star Walk ini adalah aplikasi augmented reality yang mana bisa memungkinkan Anda untuk melihat taburan bintang secara interaktif.

Melalui Star Walk ini Anda hanya perlu mengarahkan kamera ponsel pada bintang saja. Selanjutnya dengan sensor pada ponsel akan menentukan titik yang sedang dimaksud. Aplikasi ini juga bisa menunjukkan tata letak atau posisi dari bintang maupun planet yang berada di depan layar ponsel Anda.

3. iStaging
Pada saat perusahaan ponsel Lenovo mengumumkan seri Phab 2 sebagai ponsel dengan basis augmented reality yang pertama dengan Project Tango. Aplikasi iStaging segera muncul sebagai salah satu aplikasi augmented reality sebagai demo dari ponsel tersebut. Walaupun begitu, aplikasi ini pun bisa digunakan pada segala ponsel lainnya.

iStaging ini sudah tersedia pada perangkat Android maupun iOS. Cara kerjanya yaitu mengambil keuntungan di kamera ponsel agar bisa membawa desain interior yang ada di dunia nyata menuju ke augmented reality.

4. Augment - 3D Augmented Reality
Aplikasi ke empat ini akan membawa Anda pada berbagai macam hal yang ada di dunia digital ke dalam dunia nyata hanya dengan menggunakan bantuan dari kamera ponsel saja. Anda pun tentunya juga bisa menelusuri berbagai macam karakter unik untuk dibawa secara tepat di hadapan Anda. Bagaimana sangat menyenangkan bukan, kini Anda pun juga bisa melihat banyak hal menggunakan cara terbaru. 

5. Inkhunter
Mungkin sebagian besar dari Anda pernah memiliki cita-cita untuk memiliki tato, dan hal itu tidak pernah terwujud karena tidak direstui oleh orang terdekat. Jika memang begitu maka Anda tidak perlu merasa khawatir, sebab aplikasi augmented reality Inkhunter ini bisa membantu mewujudkan impian tersebut. Dengan bantuan teknologi augmented reality Anda pun bisa menampilkan desain tato yang hendak diaplikasikan pada bagian tubuh Anda.

6. Google Translate
Anda tentunya sudah tau bukan jika Google memiliki fitur yang dapat menerjemahkan kalimat dari berbagai bahasa yang ada di dunia ini. Siapa sangka, fitur tersebut kini hadir dengan kehebatan yang luar biasa. Google telah menjadikan fitur Google translate dengan aplikasi augmented reality. Ya dengan aplikasi ini google bisa menerjemahkan tulisan apapun yang Anda temukan hanya dengan mengarahkan kamera pada tulisan.

7. Quiver 3D Coloring
Saat ini telah hadir aplikasi mewarnai dengan teknologi augmented reality. Yang mana para penggunanya bisa bebas mewarnai semua benda di sekitar hanya dengan aplikasi ini saja. Selain itu aplikasi ini juga memiliki fitur lain seperti kuis, game dan juga capture foto.

8. Field Trip
Saat ini Anda tidak perlu merasa khawatir ketinggalan informasi lagi terkait dengan tempat yang sedang dikunjungi. Hanya dengan membuka aplikasi augmented reality Field Trip dan menyorotnya ke salah satu hal yang dirasa cukup menarik pada tempat yang dikunjungi maka Anda pun akan diberikan berbagai macam informasi terkait dengan tempat tersebut.

9. AR GPS Compass Map 3D
Walaupun sedikit terkesan lebih kuno karena sudah ada GPS. Ternyata kompas satu ini juga bisa menjadi benda yang terpenting sebagai pemandu perjalanan Anda. Bagi Anda yang saat ini masih mempercayakan perjalanan dengan benda satu ini, maka coba lah untuk menggunakan aplikasi AR GPS Compass Map 3D.

Anda akan disuguhkan dengan virtual kompas yang nantinya akan menuntun Anda pada perjalanan hingga sampai ke tempat tujuan.

10. Augment 3D Augment Reality
Aplikasi AR yang terakhir ini sangat cocok bagi Anda yang memiliki keinginan untuk menjual sesuatu. Anda bisa menampilkan secara virtual lengkap dengan semua informasi dan juga tutorial yang terkait dengan benda tersebut.

Itu tadi 10 aplikasi augmented reality terbaik yang bisa Anda coba gunakan untuk membantu pekerjaan atau aktivitas. Pilih salah satu aplikasi yang memang sesuai dengan kebutuhan atau selera Anda. Selamat mencoba!

Post a Comment

loading...
 
Top