Modal merupakan hal penting dalam mengembangkan bisnis. Semakin banyaknya startup yang ada menambah kepopuleran venture capital. VC merupakan perusahaan financial yang memberikan pinjaman modal kepada perusahaan-perusahaan yang membutuhkan dana dengan produk baru & berkualitas. Sistem kerjasama ini akan berakhir pada masa yang telah disepakati. Transaksi pada akhir masa biasanya berupa pemberian saham startup dengan besaran tertentu. Meskipun keuntungan yang akan didapat jasa penyalur dana investasi ini besar bukan berarti tidak ada kerugian.

"Venture Capital sebagai Solusi Usaha"


Manfaat & Jenis Modal Venture Capital Bagi Pebisnis Baru

Berdasarkan keputusan Menteri Keuangan RI No. 1251/1988. Modal ventura bisa menawarkan bantuan dana dan teknis yang diperlukan oleh perusahaan baru maupun calon pengusaha untuk mendorong tercapainya beberapa tujuan. Mendorong pengembangan produk baru, membantu startup saat mengalami kesulitan menggalang dana. Perusahaan yang menjadi mitra venture capital tidak hanya sebatas perusahaan baru. Usaha yang sedang mengalami kemunduran dan bisnis yang sedang berkembang juga dapat mengajukan bantuan kepada VC. Apa saja manfaat bermitra dengan VC?

1. Manfaat menjadi penerima modal venture
Beragam manfaat yang bisa didapat oleh mitra permodalan venture tidak hanya sebatas pendanaan. Realisasi produk siap dipasarkan dari gagasan pemikiran perusahaan startup adalah salah satu upaya VC untuk mengangkat usaha tersebut menjadi lebih baik. Hal lainnya adalah memberikan pengembangan teknologi untuk produksi dan keperluan lainnya. Mekanisme investasi perusahaan menjadi lebih lancar karena investor datang dari dalam negeri dan luar negeri. Penggerakan research & development. Dan melancarkan proses perpindahan kepemilikan suatu bisnis.

2. Tiga jenis permodalan VC
Equity financing merupakan jenis pendanaan langsung dengan menyertakan perusahaan pasangan bisnis. Venture capital mengambil keuntungan dengan cara akusisi saham milik startup. Sementara tipe kerjasama yang kedua yaitu semi equity financial. Kesepakatannya berupa pembelian obligasi konversi perusahaan mitra yang ditanami modal. Permodalan terakhir biasa disebut sistem bagi hasil yang dikhususkan untuk bisnis skala kecil yang belum berbadan hokum. Namun, kesempatan tetap terbuka bagi bisnis kecil berbadan hukum apabila kedua pihak menyetujui kesepakatan yang dibuat.

3. Tipe jasa permodalan venture
Modal venture bisa dikategorikan sebagai investasi jangka panjang, perolehan keuntungannya bukan dengan menjual dan membeli saham dalam kurun waktu singkat. Tetapi, lebih menginginkan capital gain dalam kurun waktu tertentu. Pembiayaan yang diberikan bersifat risk capital. Hal tersebut dikarenakan, setiap dana yang dikeluarkan untuk pinjaman mitra tidak disyaratkan jaminan. Sehingga kemungkinan venture capital mengalami kerugian cukup besar. Walaupun setiap pembiayaan yang dilakukan menyertakan saham, tapi pada prinsipnya adalah sementara dengan maksimal waktu 10 tahun sesuai peraturan di Indonesia. Tipe startup yang diincar VC biasanya adalah usaha yang menawarkan terobosan baru & potensial untuk maju.

Setelah mengenal secara dekat tentang modal venture dari penjelasan di atas. Anda bisa segera menentukan langkah lanjutan untuk mempertimbangkan pinjaman dari venture capital. Salah satu VC dari Indonesia yaitu Convergence Venture. Dalam situs resmi perusahaan yaitu convergencevc.com dijabarkan lebih banyak hal termasuk komitmen perusahaan tersebut. Apabila anda ingin tahu lebih banyak tentang Convergence Venture bisa mengunjungi webnya dan masuk ke menu about us. Melihat banyaknya manfaat dari kerjasama penyiapan modal ini merupakan salah satu bukti jika VC memberi solusi untuk bisnis bermasalah. Persiapkan startup anda sebaik mungkin agar permohonan cepat disetujui, tulislah penjabaran yang tepat di bagian latar belakang untuk meyakinkan pihak penyedia dana.

Post A Comment:

0 comments: