Anda ingin memulai bisnis? Atau Anda ingin mengembangkan bisnis Anda lebih besar lagi? Kredit Multiguna dan Kredit Tanpa Agunan mungkin pinjaman yang tepat untuk Anda!

KMG (Kredit Multiguna) dan KTA (Kredit Tanpa Agunan) adalah dua jenis fasilitas kredit yang dapat Anda bandingkan dan ajukan di Financer.com secara gratis. Financer.com juga memudahkan masyarakat untuk membandingkan produk pinjaman KMG dan KTA dari berbagai bank, membaca ulasan setiap produk keuangan, dan melihat ranking serta pengalaman pelanggan yang telah menggunakannya. 

Namun, sebelum memutuskan pilihan untuk mengajukan pinjaman apa yang tepat bagi Anda, maka sebaiknya mengetahui terlebih dahulu seputar KMG dan KTA, dan mengenal perbedaan antara ke dua pinjaman tersebut. KMG dan KTA tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, mari membaca selengkapnya untuk menambah wawasan.

Perbedaan antara KTA dan KMG


Pengertian KMG (Kredit Multiguna)

KMG adalah kredit yang mengharuskan pemohon kredit untuk memberikan jaminan seperti Sertifikat Rumah, BPKB Motor atau BPKB Mobil. Dengan adanya jaminan yang diajukan pada saat mengambil pinjaman, tentu saja hal tersebut membuat pengajuan kredit ini sedikit lebih lama dan lebih sulit, karena bank akan melakukan beberapa analisa terhadap aset yang dijaminkan.

Kredit ini adalah pilihan terbaik jika ingin meminjam sejumlah dana yang dipakai untuk kebutuhan jangka panjang, seperti modal bisnis atau KPR (kredit pemilikan rumah). Silahkan Bandingkan Kredit Multiguna (KMG) di sini.

Kelebihan KMG (Kredit Multiguna)
  • Bunga pinjaman relatif rendah.
  • Jangka waktu pelunasan kredit lebih lama, bisa sampai 25 tahun.
  • Jumlah maksimal pinjaman lebih besar, bisa sampai miliaran rupiah.

Kekurangan KMG (Kredit Multiguna)
  • Bank akan menilai jaminan nasabah terlebih dahulu sehingga proses pencairan lebih lama.
  • Persyaratan lebih kompleks, karena selain harus menyiapkan dokumen identitas diri, juga harus menyiapkan jaminan untuk mendapatkan pinjaman.



Pengertian KTA (Kredit Tanpa Agunan)

KTA adalah kredit yang tidak mengharuskan pemohon kredit untuk memberikan jaminan. Namun, meski tidak ada aset yang menjadi jaminan, bukan berarti bank tidak bisa menyita aset kalau tidak sanggup membayar cicilan.

Kredit ini adalah pilihan terbaik jika ingin meminjam sejumlah dana untuk kebutuhan yang bersifat mendesak, seperti renovasi rumah, membayar biaya pendidikan atau membayar utang. Mari Bandingkan Kredit Tanpa Agunan (KTA) di sini.

Kelebihan KTA (Kredit Tanpa Agunan)
  • Proses pencairan lebih cepat.
  • Syarat lebih sedikit (tidak memerlukan aset) hanya memerlukan beberapa dokumen identitas diri dan juga slip gaji atau SKP (Surat Keterangan Penghasilan).

Kekurangan KTA (Kredit Tanpa Agunan)
  • Bunga pinjaman relatif tinggi.
  • Jangka waktu pelunasan kredit lebih pendek, sekitar 1-5 tahun.
  • Jumlah maksimal pinjaman kecil, biasanya sekitar Rp50 juta (sangat jarang pihak bank memberikan pinjaman lebih besar dari jumlah Rp100 juta).



Harus bijaksana dalam memilih

Mengajukan pinjaman ke bank tentu akan menimbulkan cicilan bulanan, Anda harus bijak dalam memilih dan wajib mempertimbangkan kemampuan keuangan. Jika Anda tidak memperhitungkan ini dari awal, bisa jadi nanti Anda akan mengalami kesulitan dalam membayar cicilan bulanan tersebut. 

KMG dan KTA memberikan manfaat yang berbeda. Jadi sebelum menjatuhkan pilihan, antara mengajukan KMG atau KTA, Anda harus menimbang dahulu kondisi keuangan. Jika Anda membutuhkan dana untuk keperluan mendesak, maka sebaiknya Anda mengajukan KTA. Namun jika Anda membutuhkan dana yang besar dan waktu peminjaman yang panjang, maka sebaiknya anda mengajukan KMG.

Post A Comment:

0 comments: