Tertarik jualan di sosial media? Yuk, simak dulu tipsnya di sini! Dijamin dagangan lancar, omset melimpah!
Jualan di Sosial Media merupakan hal yang lumrah dilakukan. Jika dulu berjualan harus memiliki toko fisik dan bertemu langsung, maka berkat kecanggihan teknologi kini berjualan dapat dilakukan tanpa tatap muka. 

Tips untuk Jualan di Sosial Media untuk Pemula

Selain praktis, modal yang dibutuhkan untuk memulai bisnis pun lebih minim. Kamu tidak perlu menyewa toko, hanya memerlukan komputer, ponsel, dan koneksi internet untuk mengelola toko dan berinteraksi dengan pelanggan. Cukup banyak media sosial yang dapat kamu manfaatkan untuk mendulang rupiah, mulai dari Facebook, Twitter, hingga Instagram. 

Begini Tips Jualan di Sosial Media untuk Pemula
Lantas, bagaimana cara jualan di Sosial Media? Sangat mudah. Bahkan, untuk pemula sekalipun. Adapun tips memulai bisnis melalui media sosial, antara lain sebagai berikut.

1. Buat Akun Media Sosial
Pada dasarnya, setiap media sosial memiliki pangsa pasar yang berbeda. Jika kamu fokus menggaet anak muda, maka Instagram bisa dijadikan sebagai pilihan utama. Sementara kamu yang menyasar kalangan profesional atau dewasa, pilih Facebook. 

Kendati dapat digunakan untuk berjualan, umumnya  Twitter dan WhatsApp lebih sering dimanfaatkan untuk mempromosikan produk baru. Namun, tak perlu khawatir karena kamu dapat membuat lebih dari satu akun media sosial untuk memperbesar peluang menjaring calon konsumen.

2. Membuat Katalog 
Setelah membuat akun media sosial untuk bisnis, langkah selanjutnya adalah membuat katalog. Mengapa katalog diperlukan? Selain memudahkan calon konsumen dalam menentukan barang yang hendak dibeli, katalog dapat digunakan sebagai media promosi gratis tanpa modal

Tak hanya itu saja, dengan adanya katalog, kamu bisa mengecek produk yang cepat terjual, produk yang kurang laku, dan memilah koleksi terbaru dengan koleksi lawas dengan lebih murah. 

Agar menarik calon pembeli, pastikan katalog yang kamu buat unik dengan tambahan hiasan atau bentuk antimainstream. Jangan lupa gunakan foto beresolusi tinggi, tambahkan harga, dan keterangan tambahan. 

3. Ramah dan Amanah
Ramah dan amanah merupakan kunci sukses berjualan di media sosial. Penjual yang ramah terhadap pembeli lebih disukai daripada penjual yang ketus. Demikian pula dengan penjual yang amanah. Dapat dipercaya di sini tidak hanya sebatas mengirimkan produk pesanan, melainkan juga memastikan barang yang dikirim sesuai dengan permintaan, mulai dari bentuk, bahan, hingga warna.

Jika barang kosong, maka lakukan konfirmasi lebih dulu kepada pembeli. Jangan sampai kamu mengirim barang yang berbeda warna apalagi berbeda tipe. Hal ini dapat menurunkan kepercayaan konsumen dan reputasi kamu sebagai penjual.

4. Cepat Tanggap
Agar pembeli tidak melirik toko lain, pastikan untuk selalu cepat tanggap. Ingat, terlalu lama dalam membalas chat dapat menyebabkan calon pembeli menganggap kamu tidak serius berjualan.

5. Beri Promo
Tidak ada orang yang tidak menyukai promo. Manfaatkan hal ini untuk meningkatkan penjualan. Contohnya, menggelar diskon besar-besaran di akhir tahun atau menjelang lebaran, diskon pembeli baru, potongan harga, dan undian berhadiah. Semakin banyak promo yang kamu buat, semakin tinggi antusiasme calon pembeli.

Itulah sejumlah tips jualan di Sosial Media yang dapat kamu coba. Sangat mudah, bukan? Ayo, manfaatkan Media Sosialmu untuk meraih keuntungan!
Loading...

Post A Comment:

0 comments: