Kehadiran mesin kasir berbasis cloud sangat menguntungkan bagi para pebisnis. Simak perbedaannya dengan mesin kasir konvensional berikut ini.

Saat ini di era digital, segala aktivitas semakin tergantung pada teknologi internet. Pasalnya, teknologi digital semakin meningkat di tengah masyarakat era modern yang banyak tergantung dengan dunia digital. Di dunia usaha misalnya, kasir konvensional mulai ditinggalkan dan beralih pada kasir berbasis cloud.

Perbedaan Kasir Konvensional dan Kasir Berbasis Cloud

Seiring dengan pembangunan ekosistem digital di tanah air, para pengusaha UKM mendapatkan solusi finansial termudah dan nyaman melalui Pos atau Point of Sale. Salah satunya adalah Mokapos.

Moka adalah sebuah aplikasi kasir berbasis teknologi cloud yang bisa menjadi andalan para pebisnis sukses di Indonesia, sehingga mereka dapat berkembang dengan lebih cepat. Yuk, simak perbedaan di antara kedua mesin tersebut berikut ini.


Perbedaan antara Kasir Konvensional dan Kasir Berbasis Cloud

Jika Anda masih menggunakan mesin kasir konvensional, pertimbangkan untuk menggantinya dengan mesin kasir berbasis cloud ini. Dengan mengetahui kelebihan mesin kasir modern ini, bisnis Anda bisa bertumbuh dengan lebih pesat.

Lalu apa perbedaan antara kasir konvensional dan kasir modern berbasis cloud? Mengapa kehadiran POS atau Point of Sale ini sejalan dengan misi perusahaan di Indonesia, untuk membangun ekosistem digital di Indonesia?

Kehadiran teknologi pada mesin kasir bertujuan untuk membantu perkembangan bisnis seiring dengan kemajuan zaman yang menuntut bisnis yang praktis, cepat, dan mudah. Demikian juga dalam transaksi pembayaran yaitu melalui mesin kasir yang bisa dilakukan secara online.

Nah, inilah lima perbedaan mendasar antara kasir konvensional dan kasir berbasis cloud yang perlu Anda ketahui.

1. POS Lebih Fleksibel Dibanding Mesin Kasir Konvensional
Aplikasi POS atau singkatan dari Point of Sale ini didesain secara khusus untuk membantu transaksi bisnis dengan menggunakan perangkat Android dan iOS. Point of Sale dianggap memiliki fleksibilitas tinggi, sehingga perusahaan mampu memberikan pengalaman pelanggan yang terbaik.
  • Mesin kasir ini menggunakan teknologi software yang sering disebut dengan POS atau Point of Sale
  • Dengan teknologi komputer yang diusungnya mesin kasir ini kaya informasi. Mesin Point of Sale ini juga memiliki pemindai kode barang, termasuk penyimpanan uang, yang memudahkan transaksi pembayaran pelanggan.
  • Penggunaan teknologi komputer memungkinkan pemilihan program yang bisa dilakukan oleh pengguna mesin dengan fleksibilitas tinggi. Apa saja yang bisa Anda lakukan? Banyak program bisa dipasang sesuai kehendak Anda seperti program pengawasan stok barang, membuat laporan keuangan, hingga melacak karyawan. 
  • Anda bisa melacak siapa karyawan yang sedang melayani transaksi. Mesin ini akan memudahkan dalam perhitungan komisi melalui laporan karyawan yang bisa dilakukan melalui backoffice. Sementara pada mesin kasir konvensional, Anda tidak bisa melakukan penambahan program apapun selain menu bawaan dalam mesin tersebut.
  • Anda bisa mengatur slot karyawan dan menentukan tugas mereka dengan aman. Bahkan kustomisasi ini bisa dilakukan hanya dengan 4 digit kode otorisasi.
  • Manajemen pelanggan memungkinkan Anda bisa berinteraksi dengan pelanggan sehingga dapat lebih mengenal mereka. Program membership  ini bisa menampung  jumlah anggota tanpa batas. Dengan memiliki pelanggan setia, penjualan Anda pun akan meningkat hingga 30%!
  • Anda bisa mengirimkan struk pembelian melalui email dan mendapatkan database pelanggan. Dengan demikian, Anda bisa mengenali siapa saja yang datang ke toko Anda, barang yang mereka beli, hingga frekuensi  kedatangan mereka, dan masih banyak lagi kemudahan yang akan Anda peroleh.
  • Data pelanggan akan masuk ke dalam database secara otomatis, saat Anda mengirim struk pembelian melalui SMS atau email. Data pelanggan ini bahkan dapat dirangkum dalam satu halaman. Dengan demikian, Anda akan mudah memahami pelanggan.
  • Selain itu, masukan dari pelanggan bisa Anda terima serta dengan mudah Anda bisa menanggapi masukan tersebut secara langsung melalui backoffice. Dengan demikian, Anda dapat mengambil tindakan yang tepat untuk meningkatkan kepuasan pelanggan Anda dibandingkan jika Anda memakai mesin kasir tradisional.

2. Kompatibel dengan Piranti yang Mendukung
Mesin pembayaran berbasis cloud ini kompatibel dengan perangkat yang mendukungnya.
  • Mesin pembayaran ini bisa dikatakan sebuah mesin yang menerapkan teknologi software kasir online. Teknologi ini memakai perangkat keras atau hardware yang dapat memudahkan transaksi pembayaran. 
  • Kasir tidak perlu lagi memasukkan kode barang satu per satu secara manual. Pasalnya, mesin ini mampu memindai kode barang secara otomatis.
  • Dengan kehadiran mesin kasir ini, kasir tidak akan direpotkan memindai kode barang lagi. Dengan demikian, tidak saja pekerjaan kasir yang akan dimudahkan, melainkan pelanggan pun dapat dilayani dengan lebih cepat. Hal ini bisa terjadi, terutama saat toko sedang ramai, saat satu konsumen berbelanja puluhan jenis produk dalam waktu yang bersamaan.  
  • Kasir tinggal menggunakan scanner kode barang dan menempatkan barcode pada sensor mesin scanner. Selanjutnya harga akan terlihat di layar mesin kasir secara otomatis. Dengan demikian, transaksi pembayaran dapat dilakukan dengan tepat dan cepat. Pada akhirnya, antrean di kasir tidak lagi panjang karena waktu dapat lebih dipersingkat. 

3. Teknologi Kasir Modern Lebih Memungkinkan Pemilik untuk Mengecek Persediaan Barang
Kasir modern berbasis cloud juga memiliki fungsi terkait inventarisasi produk Anda.
  • Tidak hanya mendukung aktivitas transaksi, software kasir ternyata dapat dimanfaatkan untuk fungsi logistik. Dengan menggunakan teknologi kasir modern ini, Anda bisa mengecek jumlah stok barang. 
  • Sementara jika Anda menggunakan mesin konvensional yang memiliki fitur pengecekan persediaan barang, harganya sangat mahal jika dibandingkan mesin modern POS atau Point of Sale dengan teknologi software kasir online. Dengan demikian, Anda bisa menghemat biaya dengan membeli mesin modern ini.
  • Saat menjalankan bisnis Food and Beverages misalnya, Anda bisa mengenali stok bahan baku,  serta riwayat pesanan ke supplier. Bahkan Anda bisa menentukan saat harus melakukan restock bahan termasuk harga dasarnya secara lebih akurat.
  • Caranya ialah dengan membuat daftar bahan baku dan masukan stok awal, membuat resep untuk menghubungkan bahan baku dengan menu, serta mengelola investasi bahan baku dalam halaman Inventory.

4.  Mesin Kasir Konvensional Tidak Bisa Membuat Laporan Keuangan
Kelebihan lain yang membedakan mesin modern dengan mesin kasir konvensional adalah di bidang keuangan bisnis Anda.
  • Setiap bisnis selalu membutuhkan laporan keuangan yang harus dibuat secara rutin sebulan sekali. Dengan menggunakan mesin kasir modern yang sudah memakai software tertentu, akan mampu membuat laporan keuangan yang bisa diakses kapan saja dan di mana saja. 
  • Hal inilah yang tidak dapat dilakukan jika Anda hanya memiliki mesin kasir konvensional. Dengan demikian, Anda dapat menghemat banyak waktu, bukan? Anda hanya perlu berhati-hati untuk tetap menjaga agar program tidak terserang virus. Oleh karenanya, konsultasikan pencegahan dan cara mengatasinya jika mesin kasir Anda terkena virus sebelum membeli.

5. Harga Lebih Mahal
Ada harga ada rupa, jika Anda ingin mendapatkan kualitas tentunya Anda harus mengeluarkan uang lebih banyak di awal. Namun, pengeluaran ini bisa dikatakan sebuah investasi bagi bisnis Anda selanjutnya.

Pasalnya,  Anda bisa menghemat biaya-biaya selanjutnya. Berikut ini penjelasannya mengapa pembelian mesin kasir modern ini bisa disebut sebagai sebuah investasi bagi bisnis Anda.
  • Jika dibandingkan dengan mesin kasir konvensional, tentunya mesin Point of Sale ini harganya lebih mahal. Hal ini terkait dengan adanya teknologi komputer berupa software kasir online yang diusungnya.
  • Namun, sebagai investasi Anda akan banyak diuntungkan dengan pembelian mesin ini. Selain menghemat waktu, aktivitas bisnis Anda akan banyak terbantu melalui program yang diusung mesin kasir berbasis cloud ini.


Fitur-Fitur yang Bermanfaat pada Mesin Kasir Modern

Masih ada jutaan UKM di Indonesia yang masih mengelola usaha mereka yang dilakukan secara manual. Padahal dengan menggunakan aplikasi sistem kasir yang bisa diunduh secara langsung di smartphone dan tablet, akan sangat memudahkan para pemilik usaha dalam menjalankan bisnisnya.

Dengan basis cloud yang diusung oleh mesin kasir modern, pemilik usaha bisa dengan mudah mengakses laporan penjualan, inventaris produknya, dan fitur lainnya secara real time.

Dengan demikian, mesin kasir berbasis cloud yang modern ini bisa menjadi solusi bisnis bagi para pemilik kedai kopi, restoran termasuk restoran cepat saji. Toko roti retail, minimarket, Barbershop & Salon, layanan kecantikan, serta layanan profesional lainnya.

Nah untuk lebih jelasnya terkait kelebihan mesin kasir modern ini, berikut ringkasan aplikasi kasir yang bisa Anda manfaatkan untuk keperluan bisnis.

1. Laporan Penjualan
Laporan penjualan ini bisa diakses kapan saja dan di mana saja.

2. Program Promo
Anda bisa membuat program promo sesuai keinginan dan menentukan periode aktifnya melalui Backoffice.

3. Program Loyalitas
Moka Loyalty Program dapat dibuat di Backoffice secara mudah tanpa membutuhkan kartu member.

4. Pengelolaan Pesanan
Proses pesanan pelanggan jauh lebih mudah karena Anda dapat menyimpan dan membuka billing ketika ada transaksi baru.

5.Manajemen Karyawan
Anda bisa melakukan manajemen karyawan melalui pelacakan karyawan yang sedang melayani transaksi. Laporan karyawan yang dilakukan pada backoffice akan memudahkan para pengusaha dalam penghitungan komisi.

Dengan berbagai kelebihan yang dimilikinya, mesin modern ini telah dipercaya lebih dari 30.000 pebisnis. Pasalnya, mereka dapat memanfaatkan berbagai macam produk dan fitur lengkap dari mesin kasir berbasis cloud ini demi kelancaran bisnisnya. Apalagi teknologi integrasi yang terkoneksi ke berbagai platform akan memudahkan penggunaannya.

Dengan mengganti mesin kasir konvensional dengan mesin modern, Anda akan dapat menjalankan bisnis secara lebih efektif dan efisien. Hal ini disebabkan Anda bisa fokus mengembangkan bisnis Anda, sementara banyak urusan bisa diselesaikan dengan jauh lebih mudah dan efektif melalui POS.

Nah, jika Anda masih ragu akan manfaat mesin kasir modern ini, Anda bisa mencoba menggunakan aplikasi online Moka POS. Aplikasi ini akan memberikan banyak keuntungan bagi bisnis Anda.

Yuk, coba Moka POS online ini sekarang juga dan buktikan cara Moka membantu bisnis Anda untuk dapat berkembang lebih pesat dan efisien! Saat ini Moka POS menyediakan layanan coba gratis selama 14 hari. Selama masa percobaan Anda akan mendapatkan layanan penuh dan bila puas bisa langsung melakukan pemesanan. Anda akan bisa memonitor bisnis Anda kapan saja dan di mana saja dengan POS terbaik dari Moka ini. Selamat mencoba dan ikuti kesuksesan para pebisnis lain yang telah menggunakan Moka POS.

Post A Comment:

0 comments: