Puisi: Sajak-Sajak Kecil tentang Cinta (Karya Sapardi Djoko Damono)

Puisi "Sajak-Sajak Kecil tentang Cinta" karya Sapardi Djoko Damono memberikan gambaran yang kuat tentang esensi cinta. Dalam kata-kata yang ....
Sajak-Sajak Kecil tentang Cinta (1)

Mencintai angin
harus menjadi siut
mencintai air
harus menjadi ricik
mencintai gunung
harus menjadi terjal
mencintai api
harus menjadi jilat.


Sajak-Sajak Kecil tentang Cinta (2)


Mencintai cakrawala
harus menebas jarak


Sajak-Sajak Kecil tentang Cinta (3)


Mencintai-Mu
harus menjelma aku.


Sumber: Ayat-Ayat Api (2000)

Analisis Puisi:
Sapardi Djoko Damono, seorang penyair terkenal Indonesia, dikenal dengan puisi-puisinya yang menggugah perasaan dan menyentuh hati pembaca. Salah satu karya terkenalnya yang patut untuk dibahas adalah "Sajak-Sajak Kecil tentang Cinta". Dalam puisi ini, Sapardi Djoko Damono mengungkapkan esensi cinta dengan penggunaan kata-kata yang sederhana namun mendalam.

Puisi pertama menggambarkan cinta dengan menghubungkannya dengan elemen-elemen alam. Sapardi Djoko Damono mengungkapkan bahwa untuk mencintai angin, seseorang harus bisa menjadi siut yang dapat berdansa bersamanya. Untuk mencintai air, seseorang harus mampu menjadi ricik yang menyatu dengannya. Demikian pula, mencintai gunung harus menjadi terjal yang siap menaklukkan keberbatasannya, dan mencintai api harus menjadi jilat yang berani menyentuhnya. Puisi ini mengajarkan bahwa cinta adalah tentang kemampuan untuk berpadu dan bersatu dengan kekuatan dan keindahan alam.

Puisi kedua menggambarkan cinta sebagai sesuatu yang melampaui jarak dan batasan. Sapardi Djoko Damono menyatakan bahwa untuk mencintai cakrawala, yaitu langit yang luas dan tak terbatas, seseorang harus mampu memotong dan melampaui jarak yang ada. Puisi ini mengungkapkan bahwa cinta adalah tentang kemampuan untuk melewati segala rintangan dan jarak yang mungkin ada dalam hubungan.

Puisi terakhir mengungkapkan bahwa untuk mencintai-Mu, yaitu Tuhan atau sosok yang disembah, seseorang harus mampu menjelma menjadi dirinya sendiri. Puisi ini menunjukkan bahwa cinta kepada Tuhan adalah tentang pengabdian dan kesadaran akan eksistensi diri kita sendiri.

Puisi "Sajak-Sajak Kecil tentang Cinta" karya Sapardi Djoko Damono memberikan gambaran yang kuat tentang esensi cinta. Dalam kata-kata yang sederhana dan padat, penyair mampu menyampaikan pesan-pesan yang dalam dan mendalam. Puisi-puisi ini mengajak pembaca untuk merenungkan makna cinta dalam kehidupan sehari-hari dan mengeksplorasi hubungan antara manusia dengan alam dan yang di luar diri mereka.

Karya-karya Sapardi Djoko Damono, termasuk "Sajak-Sajak Kecil tentang Cinta", telah menginspirasi banyak orang dengan kepekaan emosional dan keindahan bahasanya. Puisi-puisinya menciptakan ikatan emosional antara pembaca dan penyair, dan mengajak kita untuk merenungkan dan memahami makna cinta dalam segala aspek kehidupan.

Puisi Sapardi Djoko Damono
Puisi: Sajak-Sajak Kecil tentang Cinta
Karya: Sapardi Djoko Damono

Biodata Sapardi Djoko Damono:
  • Sapardi Djoko Damono lahir pada tanggal 20 Maret 1940 di Solo, Jawa Tengah.
  • Sapardi Djoko Damono meninggal dunia pada tanggal 19 Juli 2020.
© Sepenuhnya. All rights reserved.