Puisi: Doa untuk Para Pahlawan (Karya Sides Sudyarto D. S.)

Puisi "Doa untuk Para Pahlawan" mengandung nuansa penghormatan, harapan, dan dorongan untuk meneruskan perjuangan para pahlawan. Dengan ...
Doa untuk Para Pahlawan


Pahlawanku
Semoga terang jalanmu
Menghadap Tuhanmu

Pahlawan kemerdekaan
Semoga arwahmu diterima di sisi Tuhan
Semoga amal kebajikanmu
Dimengerti bangsamu

Pahlawan Indonesia
Pengabdianmu tulus dan suci
Semoga terpanggil hati kami
Meneruskan pengorbananmu


Sumber: Pancasila dalam Puisi (1979)

Analisis Puisi:
Puisi ini menghadirkan sebuah doa yang khusus ditujukan untuk para pahlawan Indonesia, khususnya pahlawan kemerdekaan yang telah berjuang dan berkorban demi tanah air. Berikut adalah analisis beberapa aspek dalam puisi ini:

Penghormatan Terhadap Pahlawan: Puisi ini menciptakan atmosfer penghormatan dan pengakuan atas jasa para pahlawan. Permohonan doa yang diajukan menunjukkan rasa hormat dan penghargaan kepada mereka yang telah berjuang untuk kemerdekaan Indonesia.

Pemaknaan Terang Jalan: Doa untuk terang jalan menunjukkan harapan agar para pahlawan mendapatkan petunjuk dan penerangan dalam menghadap Tuhan. Ini bisa diartikan sebagai harapan agar arwah para pahlawan mendapat tempat yang mulia di sisi-Nya.

Pengabdian Tulus dan Suci: Puisi menggambarkan pengabdian para pahlawan sebagai sesuatu yang tulus dan suci. Mereka dianggap sebagai pahlawan kemerdekaan yang mengorbankan diri secara murni dan ikhlas demi kebebasan bangsa.

Harapan Pengertian bagi Bangsa: Harapan bahwa amal kebajikan para pahlawan dapat dimengerti oleh bangsa mengandung pesan bahwa pengorbanan mereka harus diapresiasi dan dijadikan teladan. Doa ini juga bisa diartikan sebagai dorongan agar masyarakat selalu menghargai sejarah dan jasa pahlawan.

Panggilan Hati untuk Meneruskan Pengorbanan: Penggunaan kata "semoga terpanggil hati kami" menunjukkan adanya dorongan untuk meneruskan perjuangan dan pengorbanan yang telah dilakukan oleh para pahlawan. Ini bisa diartikan sebagai sebuah ajakan agar masyarakat tidak melupakan nilai-nilai kepahlawanan.

Puisi "Doa untuk Para Pahlawan" mengandung nuansa penghormatan, harapan, dan dorongan untuk meneruskan perjuangan para pahlawan. Dengan penggunaan kata-kata yang sederhana, puisi ini berhasil menyampaikan pesan-pesan kehormatan dan kebanggaan terhadap para pahlawan kemerdekaan Indonesia.

Puisi: Doa untuk Para Pahlawan
Puisi: Doa untuk Para Pahlawan
Karya: Sides Sudyarto D. S.

Biodata Sides Sudyarto D. S.:
  • Sudiharto lahir di Tegal, Jawa Tengah, pada tanggal 14 Juli 1942.
  • Sudiharto meninggal dunia di Jakarta, pada tanggal 14 Oktober 2012.
  • Sudiharto menggunakan nama pena Sides Sudyarto D. S. (Sides = Seniman Desa. huruf D = nama ibu, yaitu Djaiyah. huruf S = nama ayah, yaitu Soedarno).
© Sepenuhnya. All rights reserved.