Cuaca di Indonesia Akhir-Akhir Ini

Cuaca yang buruk di Indonesia seperti hujan yang berkepanjangan tidak lepas dari bencana alam yang sering terjadi. Banjir dan tanah longsor .....

Menurut BMKG "Wilayah yang diprakirakan mengalami hujan kategori tinggi-sangat tinggi (>150 mm/dasarian): Pada Okt III meliputi Sebagian Aceh, Sebagian Sumatera Utara, Sumatera Barat bagian utara, Jambi bagian barat, Sebagian Bengkulu, Sumatera Selatan bagian tengah, Sebagian Bangka Belitung, Banten bagian timur, Sebagian besar Jawa Barat, Sebagian Jawa Tengah, Sebagian Jawa Timur, Sebagian Bali, Sebagian NTT, Sebagian Kalimantan Barat, Sebagian Kalimantan Utara, dan Sebagian Sulawesi Barat."

Hujan yang terjadi hampir merata di seluruh Indonesia menyebabkan banyak terjadinya bencana alam.

Cuaca yang buruk di Indonesia seperti hujan yang berkepanjangan tidak lepas dari bencana alam yang sering terjadi. Banjir dan tanah longsor merupakan bencana alam yang menjadi bulan-bulanan setiap tahunnya di Indonesia.

Akhir-akhir ini salah satu tempat wisata terindah di Indonesia yaitu Bali juga ikut terendam banjir, ada enam titik di daerah Bali yang terendam banjir, dan pada akhirnya banyak warga, wisatawan bahkan turis yang harus dievakuasi dari tempat kejadian banjir dengan menggunakan perahu.


Cuaca di Indonesia Akhir-Akhir Ini

Ini semua disebabkan akibat alih fungsi lahan yang massif dan proyek infrastuktur yang kurang memperhatikan daya dukung lingkungan.

Tidak hanya banjir, tanah longsor juga banyak terjadi di tempat-tempat tinggi yang bahkan menelan banyak korban jiwa. Banyak warga cemas karena cuaca yang tidak baik ini karena terkadang hujan disertai angin bahkan angin puting beliung bisa menyebabkan banyak rumah/ruko yang rusak berantakan.

Diperkirakannya iklim yang buruk hingga beberapa bulan ini banyak anak-anak kecil, orang dewasa bahkan orang tua yang daya tahan tubuhnya menurun akibat perubahan cuaca ini.

Jadi, marilah kita warga Indonesia yang cinta akan tanah air ini menjaga, merawat dan melindungi negara ini dengan baik.

Jadikan bangsa Indonesia bangsa yang memiliki segenap keindahan ini tertata rapi. Jangan merusak alam yang indah ini dengan keegoisan semata, keegoisan yang bisa merugikan banyak kalangan.

Mari kita sebagai warga negara Indonesia yang adil dan makmur saling menjaga satu dengan yang lainnya.

Biodata Penulis:

Nuzulul Miftahul Janah, lahir dan menetap di Karanganyar. Sedang menempuh pendidikan S1 di Bimbingan dan Konseling FKIP Universitas Sebelas Maret Surakarta. Dapat dihubungi melalui nomor telepon (08985325520) dan surel nuzululmiftahul11@gmail.com

© Sepenuhnya. All rights reserved.