Fenomena Korean Wave: Dampak Positif dan Tantangan bagi Generasi Milenial

Keberadaan artis K-Pop saat ini banyak mempengaruhi preferensi Generasi Milenial dalam benyak hal. Misalnya semakin maraknya penggunaan produk ...

Budaya Korea berkembang pesat dan meluas secara global. Keberadaanya cenderung diterima publik dari berbagai kalangan sehingga memunculkan suatu fenomena yang disebut Korean Wave.

Salah satu produk Korean Wave yang sangat diminati Generasi Milenial adalah Musik Pop. Musik Pop Korea ini atau yang disebut sebagai K-Pop merupakan sumber salah satu sub-sektor hibur yang mengangkat perekonomian Korea Selatan.

Indonesia sebagai salah satu negara penyumbang penggemar terbesar, membuat artis-artis Korea lebih memperhatikan Indonesia dengan membuat konten-konten budaya Indonesia. Bahkan ada grup bernama Secret Number dan XODIAC, idol group wanita dan idol grup pria pertama yang memiliki member dari Indonesia.

Hal ini tentu mendapatkan perhatian besar dari seluruh dunia, khususnya masyarakat Indonesia, sehingga popularitasnya pun meningkat secara signifikan. Oleh karena itu, dapat dikatakan bahwa Indonesia memiliki peran penting dalam berkembangnya Korean Wave secara global.

Keberadaan artis K-Pop saat ini banyak mempengaruhi preferensi Generasi Milenial dalam benyak hal. Misalnya semakin maraknya penggunaan produk-produk skincare dan make-up Korea. Mereka juga sering menyelipkan kata-kata dengan bahasa Korea dalam kehidupan sehari-hari seperti annyeong dan saranghae.

Selain itu, bukan hanya K-Pop-nya saja yang dapat menarik perhatian masyarakat Indonesia, tetapi dramanya pun juga atau sering disebut K-Drama. Masyarakat Indonesia memanfaatkan Drama Korea sebagai pengisi waktu luang.

Fenomena Korean Wave

Banyaknya aktivitas yang dilakukan mahasiswa, seperti jadwal kuliah yang padat serta tugas kuliah yang menumpuk terkadang membuat suasana hati menjadi bosan, sehingga untuk mengantisipasi rasa bosan tersebut, mahasiswa mencoba mengisi waktu luang untuk menonton berbagai Drama Korea. 

Lantas, apa dampaknya bagi mahasiswa yang begitu menyukai Drama Korea? Dampaknya dapat mempengaruhi aktivitas sehari-hari, seperti mahasiswa yang memilih menunda tugas dan melewatkan aktivitas hanya untuk menonton drama Korea.

Hal ini menjadi kekhawatiran karena banyaknya efek negatif dari Drama Korea yang nantinya akan mempengaruhi pendidikan.

Selain itu, para mahasiswa menghabiskan waktu berjam-jam hanya untuk menonton Drama Korea, dan tidak jarang mereka merelakan waktu tidur mereka hanya untuk menyelesaikan episode yang dirasa sangat tanggung jika tidak dilanjutkan.

Penulis: Arum Diah Pramesthi

© Sepenuhnya. All rights reserved.