Meraih Cuan di Bulan Ramadan

Beberapa bisnis di bulan Ramadan yang cukup menjanjikan yaitu usaha kuliner, pada bulan Ramadan pola konsumsi masyarakat mengalami peningkatan.

Bulan Ramadan adalah bulan yang dinantikan seluruh umat muslim di seluruh dunia, tak terkecuali di Indonesia. Banyak hal-hal unik yang terjadi di bulan Ramadan, seperti tradisi di beberapa daerah di Indonesia untuk menyambut bulan Ramadan, namun tak hanya tradisi saja, tak sedikit masyarakat menggunakan peluang waktu di bulan Ramadan untuk berbisnis, tentunya ini merupakan kesempatan untuk mendapatkan pengasilan lebih di bulan Ramadan.

Beberapa bisnis di bulan Ramadan yang cukup menjanjikan yaitu usaha kuliner, pada bulan Ramadan pola konsumsi masyarakat mengalami peningkatan. Kecenderungan masyarakat untuk melakukan pembelian makanan di bulan Ramadan meningkat seiring dengan munculnya kegiatan-kegiatan di bulan Ramadan seperti bazar yang dilaksanakan pada waktu berbuka puasa. Para pebisnis kuliner berinovasi untuk menghasilkan produk kuliner yang diminati masyarakat seperti makanan ringan dan aneka minuman yang menyegarkan untuk berbuka puasa.

Meraih Cuan di Bulan Ramadan

Usaha kuliner pada bulan Ramadan yang banyak diminati adalah berjualan takjil, takjil merupakan tradisi yang tidak pernah dilupakan oleh siapapun pada saat bulan Ramadan, karena itu banyak yang memanfaatkan momen bulan Ramadan untuk mencoba peluang usaha yang sangat diminati ini, hal ini juga menjadi kesempatan bagi mereka yang ingin memulai usaha dan mencoba peruntungannya. Aneka takjil yang biasa dijumpai antara lain risol, lunpia, es pisang ijo, bubur biji salak dan masih banyak lagi. 

Berjualan takjil dinilai sangat menguntungkan, karena untuk memulai usaha ini dibutuhkan modal yang relatif rendah dari usaha kuliner lainya, karena bahan baku membuat takjil sangat mudah dicari di pasaran. Adapun dari segi tempat, usaha takjil umumnya tidak membutuhkan banyak tempat atau lapak yang luas, rata-rata penjual takjil menjajakan dagangannya di depan rumah dengan membuat tenda kecil atau sekedar menggunakan meja untuk menaruh takjil.

Target penjualan takjil pada bulan puasa biasanya masyarakat yang telah melakukan aktivitas seperti selepas pulang kerja, tak heran jika ada sebagian pedagang takjil membuka lapaknya yang tidak jauh dari area perkantoran atau tempat-tempat umum. Pedagang takjil dapat memperoleh omset jutaan bahkan puluhan juta pada bulan Ramadan. 

Biodata Penulis:

Muhammad Irfani Falah lahir 11 Desember 2001 di Pekalongan. Saat ini ia aktif sebagai mahasiswa di UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

© Sepenuhnya. All rights reserved.