loading...

Cara Mendaftar dan Panduan Menggunakan Webmaster

Webmaster (Search Console) adalah sebuah layanan gratis yang di sediakan oleh pihak google yang berfungsi untuk memantau dan mempertahankan keberadaan situs anda didalam Search Engine Google. Dalam ketentuannya, anda memang tidak harus mendaftar webmaster jika hanya ingin membuat artikel anda di indeks oleh google, namun mendaftar webmaster akan membantu anda memahami cara google melihat atau melakukan Perayapan terhadap situs anda. Dan didalam Webmaster juga anda dapat mengatur atau mengoptimalkan kinerja blog atau situs anda di dalam search google.

Mendaftarkan Blog anda ke Webmaster adalah "SEO dasar" yang harus anda lakukan, agar memudahkan diri anda mengatur Kinerja Indeks Google. Namun, Terlepas dari penting tidaknya mendaftar Search Engine, mari bagi yang merasa penting untuk mendaftar Search Engine.

Cara Mendaftar Blog Ke Webmaster :
  • Silahkan login terlebih dahulu ke Blogger.com anda.
  • Kemudian klik : https://www.google.com/webmasters/tools/home
  • Kemudian Masuk kembali menggunakan gmail anda.
  • Setelah itu masukkan blog yang ingin anda daftarkan, lanjutkan dengan klik Tambahkan Properti :
Cara Mendaftar dan Panduan Menggunakan Webmaster
  • Jika anda sudah melakukan hal ini, maka itu artinya anda sudah berhasil mendaftarkan Blog anda ke Webmaster. Namun, hal ini belum cukup untuk membuat data anda terbaca oleh google, hal yang harus anda lakukan selanjutnya adalah :
Memasukkan Sitemap Blog Anda ke Webmaster :
Fungsinya adalah mempermudah Bot Google melakukan perayapan atau crawl ke halaman-halaman didalam blog anda, yaitu dengan memasukkan SiteMap Blog anda ke dalam Webmaster (Sitemap artinya : Peta Situs). Dan untuk menambah Sitemap silahkan menuju ke :
  • Crawl > Sitemaps > ADD/TEST SITEMAP. Selanjutnya isi dengan : feeds/posts/default?max-results=400.
Cara Mendaftar dan Panduan Menggunakan Webmaster
  • Pilih Submit Sitemap dan Selesai!!!

Dengan melakukan hal ini artinya anda sudah berhasil membuat google membaca keseluruhan isi dari pada Blog anda. Namun meski demikian, hal ini masih belum cukup. Anda masih harus membuktikan kepada google (Webmaster) bahwa Blog tersebut adalah milik anda, caranya anda bisa melanjutkan dengan :

Melakukan Verifikasi blog di Webmaster :
  • Untuk melakukan Verifikasi Blog silahkan menuju pada bagian Setting yang terletak pada bagian kanan atas webmaster. Kemudian pilih Detail Verifikasi.
Cara Mendaftar dan Panduan Menggunakan Webmaster
  • Setelah itu silakan pilih Verifikasi-kan dengan menggunakan metode yang berbeda :
Cara Mendaftar dan Panduan Menggunakan Webmaster
  • Kemudian Pilih Tag HTML, lalu ambil (Copy) meta tag tersebut :
Cara Mendaftar dan Panduan Menggunakan Webmaster
  • Kemudian Buka Blogger.com anda kembali.
  • Dan langsung pilih bagian Template (Edit Template
Cara Mendaftar dan Panduan Menggunakan Webmaster
  • Lalu paste-kan meta tag yang anda copy-kan di atas tepat di bawah kode . Setelah itu langsung klik Simpan Template.
Cara Mendaftar dan Panduan Menggunakan Webmaster
  • Setelah itu mari menuju ke Webmaster lagi dan klik Verifikasi.
Cara Mendaftar dan Panduan Menggunakan Webmaster
  • Selamat!!! Proses Verifikasi telah selesai.


Untuk bagian mendaftar Blog ke Webmaster dan melakukan Verifikasi sudah selesai, sekarang mari kita sedikit membahas beberapa kegunaan dari pada webmaster itu sendiri.


Panduan menggunakan webmaster :

Panduan menggunakan webmaster
  1. Messages : Menu ini adalah tempat anda menerima pesan masuk tentang apapun yang terjadi dengan Blog milik anda.
  2. Search Apprearance : Menu ini dibagi menjadi 4 Bub Menu (Structured Data, Data Highlighter, HTML Improvements, dan Sitelinks). Pada bagian ini akan di tampilkan struktur data keseluruhan dari blog anda yang di lacak oleh google. Pada menu ini anda bisa langsung mengetahui apa saja yang salah dengan blog anda. Jadi, jika anda menemukan kesalahan, anda bisa langsung memperbaikinya.
  3. Search Traffik : Menu ini dibagi menjadi 6 Sub Menu (Search Analytics, Links to Your Site, Internal Links, Manual Actions, International Targeting, dan Mobile Usability). Secara keseluruhan, pada bagian ini anda dapat mengetahui Traffik Blog anda. Dari mana datang traffik, link manakah yang merujuk ke blog anda, dan pokoknya segala macam Traffik bisa anda lihat dengan jelas pada Menu Search Traffik ini.
  4. Google Index : Menu ini di bagi menjadi 4 Sub Menu (Index Status, Content Keywords, Blocked Resources, dan Remove URLs). Dimana pada bagian ini anda dapat mengatur Link Direktory Google, anda pun bisa menghapus URL yang tidak ingin anda tampilkan di google pada bagian ini. Pada bagian ini, anda bisa mengatur pengaturan Indeks Url anda.
  5. Crawl : Menu ini dibagi menjadi 6 Sub Menu (Crawl Errors, Crawl Stats, Fetch as Google, robots.txt Tester, Sitemaps, dan URL Parameters). Dimana pada bagian ini anda dapat melihat URL anda yang sudah Error dan langsung memperbaikinya. Pada bagian ini pula, anda dapat melakukan pengecekan terhadap robots.txt anda. Jika anda menemukan kesalahan dengan Blog anda, saya sarankan untuk segera memperbaikinya, agar Blog anda mudah di Indeks oleh Google.
  6. Security Issue : Menu ini berfungsi untuk masalah keamanan, baik itu karena blog anda di retas atau mungkin blog anda mendapat peringatan malware. Maka pada menu ini, anda bisa menyelesaikan masalah tersebut.
  7. Other Resources : Seperti penamaan-nya, Menu ini adalah referensi lain selain webmaster atau istilah lain situs yang di rujuk. Pada menu ini di paparkan tingkat lanjut yang harus anda lakukan setelah mengetahui keberadaan webmaster.

Nah, sampai Di sinilah akhir dari pembahasan Cara Mendaftar dan Panduan Menggunakan Webmaster. Jika anda menemukan Kejanggalan, kesalahan, atau kekurangan. Silahkan anda gunakan kolom komentar yang memang sudah saya sediakan untuk menjadi pedoman saya didalam memperbaiki tulisan saya.
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

24 comments

loading...
loading...