Puisi: Sajak Malam (Karya Diah Hadaning)

Puisi "Sajak Malam" karya Diah Hadaning mengajak pembaca untuk merenungkan tentang perjuangan melawan kesendirian dan kehilangan harapan, serta ...
Sajak Malam

Malam yang tenggelam
bulan yang tenggelam
mimpi yang tenggelam
adakah Kau akan turun
malam ini
mengulurkan tangan putih-Mu
menghapus duka-duka
merangkum doa-doa.

Hitam bayang-bayangmu
hitam air mataku
dan aku meniti
di antara hitam-hitam itu.

Jakarta, 1977

Analisis Puisi:

Puisi "Sajak Malam" karya Diah Hadaning menggambarkan suasana malam sebagai waktu yang penuh dengan kesedihan dan ketidakpastian.

Tema Kegelapan dan Kesendirian: Puisi ini menciptakan suasana yang gelap dan suram melalui penggunaan gambaran tentang malam yang tenggelam dan bayang-bayang yang hitam. Hal ini mencerminkan tema kesendirian dan kegelapan yang sering kali meliputi suasana malam.

Gambaran Bulan dan Mimpi yang Tenggelam: Penyair menggunakan gambaran tentang bulan dan mimpi yang tenggelam untuk menyampaikan perasaan yang terkubur dan kehilangan harapan. Ini menciptakan nuansa melankolis yang mendalam dalam puisi.

Harapan pada Kedatangan Tuhan: Meskipun suasana puisi terasa suram, terdapat harapan pada kedatangan Tuhan yang diharapkan dapat membawa penghiburan dan menghapuskan duka. Penggunaan imaji tangan putih Tuhan yang menghapus duka-duka dan merangkum doa-doa menunjukkan adanya keinginan untuk mendapatkan pertolongan dari yang lebih tinggi.

Perjuangan Melawan Kegelapan: Meskipun terbenam dalam kesedihan, narator dalam puisi ini terus berjuang melawan kegelapan dan kesendirian. Dia merangkak di antara bayang-bayang hitam dengan harapan akan ada sinar terang yang menyinari jalannya.

Puisi "Sajak Malam" karya Diah Hadaning menghadirkan gambaran tentang suasana malam yang gelap dan penuh dengan kesedihan. Meskipun begitu, terdapat semacam harapan akan kedatangan Tuhan yang membawa penghiburan dan cahaya dalam kegelapan. Puisi ini mengajak pembaca untuk merenungkan tentang perjuangan melawan kesendirian dan kehilangan harapan, serta kepercayaan akan adanya sinar terang meskipun dalam kegelapan.

"Puisi: Sajak Malam (Karya Diah Hadaning)"
Puisi: Sajak Malam
Karya: Diah Hadaning
© Sepenuhnya. All rights reserved.