Puisi: Pengorbanan (Karya Mahdi Idris)

Puisi: Pengorbanan Karya: Mahdi Idris
Pengorbanan


Tuhan, ambillah yang Kau mau
aku sedia merontokkan bulu dan belulangku,
aku sahaya tanpa maqam di hadapan-Mu.

Jika Kau mau,
ambillah tanpa persetujuanku.


Rayeuk Kuta, 2010

Analisis Puisi:
Puisi "Pengorbanan" karya Mahdi Idris menghadirkan perasaan pengabdian yang mendalam dan ketundukan kepada Tuhan. Beberapa elemen yang menarik dalam puisi ini adalah pengorbanan tanpa syarat dan keberanian untuk menyerahkan diri sepenuhnya kepada kehendak Tuhan.

Pertama, puisi ini menggambarkan kesediaan penulis untuk merontokkan bulu dan belulangnya sebagai bentuk pengorbanan. Ini menunjukkan tingkat pengabdian yang tak terbatas dan kesiapan untuk menyerahkan segalanya kepada Tuhan. Penulis menerima status sahaya tanpa maqam di hadapan-Nya, menunjukkan rasa rendah hati dan pengakuan bahwa segala-galanya adalah milik Tuhan.

Selanjutnya, puisi ini mengekspresikan kepatuhan dan ketundukan yang kuat terhadap kehendak Tuhan. Penulis dengan jelas menyatakan bahwa jika Tuhan menghendaki sesuatu, maka ambillah tanpa persetujuannya. Ini mencerminkan keyakinan bahwa segala keputusan Tuhan adalah yang terbaik dan penulis bersedia menyerahkan kendali sepenuhnya kepada-Nya.

Puisi ini menghadirkan gambaran tentang kesetiaan dan kepasrahan yang menggugah emosi. Penulis dengan tegas menyatakan ketergantungan dan kepercayaan sepenuhnya pada Tuhan, bahkan jika itu berarti pengorbanan yang besar dan tanpa syarat. Hal ini mengajak pembaca untuk merenungkan tentang konsep pengorbanan dan ketundukan dalam hubungan manusia dengan Tuhan.

Secara keseluruhan, puisi ini menarik karena menggambarkan pengorbanan dan keberanian untuk menyerahkan diri kepada Tuhan dengan ketundukan yang penuh. Ini mengajak pembaca untuk merenungkan tentang makna sejati dari pengabdian dan kesetiaan kepada kehendak Tuhan. Puisi ini menghadirkan perasaan pengorbanan yang kuat dan membangkitkan rasa keterhubungan dengan yang lebih besar dari diri kita sendiri.

Puisi: Pengorbanan
Puisi: Pengorbanan
Karya: Mahdi Idris
© Sepenuhnya. All rights reserved.