Puisi: Mayjen TNI Anumerta Sutoyo Siswomihardjo (Karya Sides Sudyarto D. S.)

Puisi "Mayjen TNI Anumerta Sutoyo Siswomihardjo" karya Sides Sudyarto D. S. adalah sebuah penghormatan dan pengagungan terhadap sosok Mayjen TNI ....
Mayjen TNI Anumerta Sutoyo Siswomihardjo
- 1965


Telah pergi dikau bagai anak panah
Nan lepas dari busurnya
Tatkala negara sedang menunggu
Pengabdian setiap putranya

Mayor Jenderal Sutoyo
Tenang engkau dalam segala cuaca
Tabah bagaikan tembok baja
Setia mengabdi bangsa

Telah pergi dikau, sebagai Pahlawan Revolusi
Semoga arwahmu mendapat tempat yang layak
Di sisi Illahi
Dikau perwira, perajurit bangsa.


Sumber: Pahlawan dalam Puisi (1979)

Analisis Puisi:
Puisi "Mayjen TNI Anumerta Sutoyo Siswomihardjo" karya Sides Sudyarto D. S. adalah sebuah penghormatan dan pengagungan terhadap sosok Mayjen TNI Anumerta Sutoyo Siswomihardjo, seorang perwira tinggi dalam militer Indonesia yang telah gugur sebagai Pahlawan Revolusi. Puisi ini memuliakan pengabdiannya untuk negara dan bangsa, serta menunjukkan rasa hormat dan penghormatan atas jasa-jasanya.

Perwira Berjuang untuk Bangsa: Puisi ini menggambarkan Mayjen TNI Anumerta Sutoyo Siswomihardjo sebagai seorang perwira berani dan gigih yang berjuang dengan penuh dedikasi untuk bangsa. Ia digambarkan sebagai anak panah yang lepas dari busurnya, siap untuk menunaikan tugasnya dalam mengabdi kepada negara. Dengan semangatnya yang menggebu-gebu, ia memberikan pengabdian yang tulus dan berani untuk kepentingan bangsa dan negara.

Pengabdian Tulus dan Setia: Puisi ini menyoroti ketenangan dan ketabahan jiwa Mayjen TNI Anumerta Sutoyo Siswomihardjo dalam segala situasi. Ia digambarkan sebagai perwira yang tabah bagaikan tembok baja, tidak gentar dalam menghadapi tantangan dan rintangan. Kesetiaannya pada negara tercermin dalam kesediaannya mengabdi tanpa pamrih, walaupun ia harus menghadapi risiko dan bahaya yang tinggi.

Pahlawan Revolusi dan Jasa-Jasanya: Puisi ini mengangkat Mayjen TNI Anumerta Sutoyo Siswomihardjo sebagai Pahlawan Revolusi yang berjasa bagi bangsa dan negara. Ia telah gugur sebagai perwira yang berani dan tangguh dalam perjuangan merebut dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Puisi ini menyampaikan harapan agar arwahnya diberkati dan mendapatkan tempat yang layak di sisi Illahi, sebagai bentuk penghormatan atas jasa-jasanya sebagai pahlawan bangsa.

Puisi "Mayjen TNI Anumerta Sutoyo Siswomihardjo" karya Sides Sudyarto D. S. adalah sebuah penghormatan dan pengagungan atas sosok Mayjen TNI Anumerta Sutoyo Siswomihardjo, seorang perwira tinggi dalam militer Indonesia yang telah gugur sebagai Pahlawan Revolusi. Puisi ini menggambarkan perwira berani dan gigih yang mengabdi dengan tulus dan setia untuk bangsa dan negara. Melalui bahasa puitis dan ungkapan pujian, puisi ini memuliakan jasa-jasanya sebagai pahlawan yang berjuang tanpa pamrih untuk kemerdekaan Indonesia.

Puisi: Mayjen TNI Anumerta Sutoyo Siswomihardjo
Puisi: Mayjen TNI Anumerta Sutoyo Siswomihardjo
Karya: Sides Sudyarto D. S.

Biodata Sides Sudyarto D. S.:
  • Sudiharto lahir di Tegal, Jawa Tengah, pada tanggal 14 Juli 1942.
  • Sudiharto meninggal dunia di Jakarta, pada tanggal 14 Oktober 2012.
  • Sudiharto menggunakan nama pena Sides Sudyarto D. S. (Sides = Seniman Desa. huruf D = nama ibu, yaitu Djaiyah. huruf S = nama ayah, yaitu Soedarno).
© Sepenuhnya. All rights reserved.