Puisi: Aku Kota Sunyi (Karya Ulfatin Ch.)

Puisi "Aku Kota Sunyi" karya Ulfatin Ch. menggambarkan perjuangan dan transformasi seorang perempuan yang menemukan kekuatannya dalam kesunyian dan ..
Aku Kota Sunyi

Karena dilahirkan sebagai perempuan
aku memilih sendiri
dan mencangkul kota sunyi para nabi.
Rumah tanpa pintu
yang berlumut malam
menyeruak bagai batu bata
yang hilang laburnya.
Namun, kini aku tak sendiri
anak anak yang lahir dari bumi
mengibas mantra
membuka beton dan dinding kelam
hingga tampak mutiara
yang menjunjung martabat
ke langit cahaya paling tinggi.
Karena di lahirkan sebagai perempuan
aku kota sunyi
yang dibalut rantai purba
dan kini tak tampak lagi

1999

Sumber: Nyanyian Alamanda (2003)

Analisis Puisi:

Puisi "Aku Kota Sunyi" karya Ulfatin Ch. menggambarkan perjuangan dan transformasi seorang perempuan yang menemukan kekuatannya dalam kesunyian dan kesendirian.

Identitas Perempuan: Penyair menekankan identitas perempuan sebagai pusat dari puisi ini. Dengan mengatakan "karena dilahirkan sebagai perempuan," dia menyoroti pentingnya kesadaran diri dan keputusan pribadi dalam menjalani hidupnya.

Kota Sunyi Para Nabi: Penggunaan metafora "kota sunyi para nabi" menggambarkan kesendirian dan keheningan yang melingkupi penyair. Ini bisa diartikan sebagai perjalanan spiritual atau pencarian makna dalam kesunyian.

Transformasi dan Pembebasan: Meskipun awalnya merasa sendirian, penyair menemukan kekuatan dalam dirinya untuk "mencangkul kota sunyi" dan membuka jalan bagi perubahan. Anak-anak yang lahir dari bumi, mungkin simbol kehidupan baru atau generasi baru, membantu membuka beton dan dinding kelam, mengungkapkan keindahan yang tersembunyi.

Penegasan Martabat Perempuan: Penyair menegaskan martabat perempuan dan kemampuannya untuk mengubah kondisi yang sulit. Penggambaran mutiara yang menjunjung martabat ke langit cahaya paling tinggi menunjukkan keindahan dan kekuatan perempuan yang tak terbatas.

Puisi "Aku Kota Sunyi" adalah puisi yang membangkitkan semangat dan kekuatan dalam kesendirian. Melalui perjuangan penyair dan transformasi yang terjadi, puisi ini menyoroti pentingnya kesadaran diri, perubahan, dan pembebasan. Ini juga merupakan panggilan untuk mengakui dan menghargai martabat perempuan dalam semua aspek kehidupan.

Ulfatin Ch.
Puisi: Aku Kota Sunyi
Karya: Ulfatin Ch.

Biodata Ulfatin Ch.:
  • Ulfatin Ch. lahir pada tanggal 31 Oktober 1966 di Pati.
© Sepenuhnya. All rights reserved.