Puisi: Lirik untuk Lagu Pop (Karya Sapardi Djoko Damono)

Puisi "Lirik untuk Lagu Pop" karya Sapardi Djoko Damono mengundang pembaca untuk merenungkan hubungan yang kompleks antara manusia dan alam, serta ...
Lirik untuk Lagu Pop

jangan pejamkan matamu: aku ingin tinggal di hutan yang grimis -
    pandangmu adalah seru butir air tergelincir dari duri mawar (begitu
    nyaring!); suaramu adalah kertap bulu burung yang gugur (begitu
    hening!)
aku pun akan memecah perlahan dan bertebaran dalam hutan;
    berkilauan serbuk dalam kabut -- nafasmu adalah goyang anggrek
    hutan yang mengelopak (begitu tajam!)
aku akan berhamburan dalam gerimis dalam seru butir air dalam kertap
    bulu burung dalam goyang anggrek - ketika hutan mendadak gaib
jangan pejamkan matamu.

1975

Sumber: Horison (Mei, 1976)

Analisis Puisi:
Puisi "Lirik untuk Lagu Pop" karya Sapardi Djoko Damono adalah sebuah persembahan yang memadukan imajinasi alam dengan pengalaman manusia yang mendalam.

Gabungan Alam dan Manusia: Puisi ini menggambarkan hubungan yang kuat antara alam dan manusia. Dalam lirik-liriknya, penyair memperbandingkan pandangan dan suara seorang kekasih dengan elemen-elemen alam seperti hujan, duri mawar, dan burung. Ini menyoroti hubungan emosional yang mendalam antara manusia dan alam.

Imajinasi Alam yang Kuat: Melalui bahasa metaforis yang kaya, penyair menciptakan gambaran yang hidup dan kuat tentang alam. Hutan yang grimis, seru butir air, dan goyang anggrek hutan adalah gambaran alam yang mengundang pembaca untuk terjun ke dalam pengalaman yang memikat dan mempesona.

Ekspresi Emosional: Puisi ini merayakan keindahan dan kepekaan emosional. Penyair menggambarkan bagaimana pandangan dan suara kekasihnya memengaruhi persepsi dan pengalaman pribadinya. Ada sentuhan keintiman yang kuat dalam cara penyair mengekspresikan perasaannya terhadap kekasihnya.

Perubahan Mendadak: Pada akhirnya, puisi ini mengejutkan dengan perubahan tiba-tiba ketika hutan tiba-tiba "mendadak gaib". Ini menimbulkan perasaan misteri dan keajaiban, mengajak pembaca untuk merenung tentang alam dan hubungan manusia dengan alam semesta yang luas.

Pemakaian Gaya Bahasa: Sapardi Djoko Damono menggunakan gaya bahasa yang khas dan metaforis untuk menciptakan suasana yang magis dan misterius. Penggunaan imaji alam yang kuat dan perumpamaan yang indah membawa pembaca pada perjalanan emosional yang mendalam.

Dengan demikian, puisi "Lirik untuk Lagu Pop" karya Sapardi Djoko Damono adalah puisi yang memukau dengan penggambaran alam yang indah dan ekspresi emosional yang mendalam. Puisi ini mengundang pembaca untuk merenungkan hubungan yang kompleks antara manusia dan alam, serta tentang keajaiban dan misteri kehidupan itu sendiri.

Puisi Sapardi Djoko Damono
Puisi: Lirik untuk Lagu Pop
Karya: Sapardi Djoko Damono

Biodata Sapardi Djoko Damono:
  • Sapardi Djoko Damono lahir pada tanggal 20 Maret 1940 di Solo, Jawa Tengah.
  • Sapardi Djoko Damono meninggal dunia pada tanggal 19 Juli 2020.
© Sepenuhnya. All rights reserved.