Puisi: Sajak Sakura dalam Pelukan (Karya Dimas Arika Mihardja)

Puisi "Sajak Sakura dalam Pelukan" membawa pembaca pada perjalanan yang memadukan cinta, bencana alam, dan perasaan kerinduan dalam suatu hubungan.
Sajak Sakura dalam Pelukan
(- Teringat Fairz Rustam Munaf)


Senada cinta bersemi di antara kita
- begitulah bunga-bunga sakura itu pun luruh
dalam pelukan; kelopak-Nya bergoyang
dalam riuh badai tsunami dan aromanya sangit
berbaur limbah nuklir.

Masih hangat dalam dekapan dadamu yang menyumbulkan
gunung Fujiyama dan kuingat pula saat Miyagi digulung ombak
- persis seperti gelora mencinta di  antara kita
lalu anak-anak kita Doraemon yang berkantung di perut
tak sanggup memutar baling-baling bambu di kepalanya.

Kemarilah sayang, kembali kita goyang alunan riak
menjadi ombak - membadai dalam gelora mencinta
setelah itu bersama kita bangun mahligai rumah cinta
di hamparan pesisir pantai yang teracuni radiasi nuklir
- masihkah sempat engkau berpikir
dan merasa kuwatir? Ayo nyanyikan lagi lagu lama
senada cinta bersemi di antara kita...


Maret, 2011

Analisis Puisi:
Puisi "Sajak Sakura dalam Pelukan" karya Dimas Arika Mihardja menghadirkan gambaran yang kaya akan simbolisme dan emosi yang kuat. Puisi ini membawa pembaca pada perjalanan yang memadukan cinta, bencana alam, dan perasaan kerinduan dalam suatu hubungan.

Metafora Sakura dan Cinta: Puisi ini dimulai dengan perumpamaan tentang bunga sakura yang luruh, menggambarkan keindahan yang terhanyut dalam keadaan yang serba sulit. Sakurabunga yang jatuh menggambarkan kerapuhan, keindahan, dan ketidakpastian dalam cinta. Sakurabunga yang luruh dalam pelukan menjadi simbol ketidakhadiran harapan dan kekecewaan dalam perjalanan cinta.

Hubungan dengan Bencana Alam: Puisi ini mencampuradukkan suasana cinta dengan bencana alam. Di tengah keindahan cinta, ada kehancuran dan bencana seperti badai tsunami dan limbah nuklir yang meracuni aroma bunga sakura. Hal ini menciptakan kontras antara keindahan cinta dan kenyataan tragis dari bencana alam.

Kesan Nostalgia dan Keinginan untuk Kembali: Puisi ini juga menyampaikan kesan nostalgia, menyinggung kenangan di Miyagi saat terjadi bencana alam. Penggunaan tokoh Doraemon sebagai gambaran anak-anak menunjukkan kenangan masa lalu yang penuh harapan. Namun, saat ini, ketidakmampuan anak-anak untuk menyalakan baling-baling bambu menandakan ketidakmungkinan untuk kembali ke masa itu.

Harapan dan Pemulihan: Pada bagian akhir, puisi ini menawarkan harapan untuk bangkit kembali setelah semua bencana dan kesedihan. Ajakan untuk bersama-sama bangun mahligai rumah cinta di tempat yang terpengaruh radiasi nuklir menunjukkan semangat untuk memulihkan dan membangun kembali, meskipun dalam situasi sulit.

Puisi "Sajak Sakura dalam Pelukan" adalah gambaran yang menggugah perasaan, memadukan keindahan cinta dengan kehancuran bencana alam. Dimas Arika Mihardja menggambarkan perasaan kerinduan, nostalgia, dan harapan yang tercampur aduk dalam hubungan dan realitas kehidupan. Puisi ini membingkai kontras antara keindahan cinta dan penderitaan yang dihadapi, namun juga menawarkan harapan dan semangat untuk bangkit kembali.

"Puisi Dimas Arika Mihardja"
Puisi: Sajak Sakura dalam Pelukan
Karya: Dimas Arika Mihardja
© Sepenuhnya. All rights reserved.