Metro Ethernet dan Keuntungannya bagi Jaringan Telekomunikasi

Metro Ethernet memiliki dua jenis yaitu Point-to-Point yang dapat menghubungkan dua titik yang terpisah dalam satu kota serta Point-to-Multipoint ....

Metro Ethernet adalah kependekan dari Metropolitan-area Ethernet yang merupakan jaringan Metropolitan-area Network (MAN) yang berbasis standar Ethernet dengan jangkauan yang lebih luas bahkan dapat mencakup suatu wilayah kota besar.

Metro Ethernet memiliki kelebihan yaitu customers dapat membangun jaringan komunikasi yang lebih luas tanpa menggunakan Wide-area Network (WAN) atau MAN yang memiliki biaya tinggi (dapat lebih hemat).

Metro Ethernet

Selain itu, Metro Ethernet juga memiliki tingkat fleksibilitas yang tinggi sehingga penyedia layanan dapat lebih leluasa untuk menentukan layanan yang akan dijual serta keamanan yang lebih terjamin melalui sifatnya yang privat.

Metro Ethernet memiliki dua jenis yaitu Point-to-Point yang dapat menghubungkan dua titik yang terpisah dalam satu kota serta Point-to-Multipoint yang dapat menghubungkan satu titik dengan beberapa titik yang terpisah.

Manfaat dan Keuntungan Menggunakan Metro Ethernet

Metro Ethernet dapat memudahkan jaringan komunikasi dengan menggunakan internet dalam lingkup kota. Beberapa manfaat dari digunakannya Metro Ethernet adalah:

  1. Memiliki fitur canggih dengan bandwith 1 Mbps - 1 Gbps;
  2. Memiliki fitur tambahan QinQ serta Jumbo Frame. Fitur QinQ yang hadir pada Metro Ethernet dapat memberikan kesempatan pada customers untuk melakukan pengaturan VLAN sendiri tanpa melakukan koordinasi dengan Lintasarta. Selain itu, fitur Jumbo Frame dapat memberikan pengalaman kepada customers untuk memiliki ukuran frame yang lebih besar dari ukuran frame standar;
  3. Memiliki kecepatan komunikasi yang tinggi antar cabang. Metro Ethernet memiliki layanan penuh selama 24 jam dalam sepekan di berbagai wilayah yang berbeda sehingga dapat memenuhi kebutuhan kecepatan komunikasi;
  4. Memiliki fleksibilitas yang menguntungkan. Pelanggan dapat memiliki pilihan yang beragam sehingga dapat memilih kecepatan bandwith yang sesuai dengan kebutuhan.

Selain itu, Metro Ethernet juga memiliki banyak keuntungan bagi jaringan telekomunikasi, di antaranya adalah:

  1. Memiliki kecepatan yang lebih besar dari koneksi nirkabel. Kecepatan yang dapat disediakan oleh Metro Ethernet dapat mencapai 10Gbps;
  2. Memiliki keamanan yang terjamin. Ethernet memiliki sifat yang privat sehingga lebih aman. Koneksi Metro Ethernet memiliki kontrol atas siapa saja yang telah menggunakan jaringan sehingga dapat mencegah hacker dari pelanggaran keamanan seperti mencuri data;
  3. Reliabilitas. Jaringan Metro Ethernet dapat mendeteksi atau memperbaiki masalah jaringan tanpa harus mempengaruhi pelanggan.

Metro Ethernet dapat mempermudah perusahaan yang memiliki puluhan cabang di Indonesia untuk saling terhubung. Dengan keuntungan tersebut, maka Metro Ethernet sangat penting untuk dapat meningkatkan kinerja perusahaan.

Di Indonesia, salah satu perusahaan yang memberikan layanan Metro Ethernet adalah Telkom. Metro Ethernet Telkom dilengkapi dengan jaminan keamanan data, keandalan serta sistem pengawasan yang aktif selama 24/7 serta fleksibilitas dan efektivitas yang dapat meningkatkan produktivitas perusahaan. Klik di sini untuk mengeksplorasi berbagai produk dan layanan digital dari Telkom Indonesia.

© Sepenuhnya. All rights reserved.